Serius Perkuat Ekonomi Islam Global, Malaysia Siap Gelar World Halal Week 2018

gomuslim.co.id- World Halal Week (WHW) 2018 dipimpin oleh Halal Industry Development Corporation (HDC), sebagai agen pusat di bawah Departemen Perdana Menteri Malaysia dan akan diluncurkan oleh YAB Dato 'Sri Mohd Najib bin Tun Abdul Razak, Perdana Menteri Malaysia.

Bertema "Membangun Masa Depan", Pekan Halal Dunia telah menjadi acara yang sangat penting dalam mengarahkan pertumbuhan industri halal global dan diselenggarakan oleh HDC bekerja sama dengan Malaysian External Trade Development Corporation (MATRADE) dan Departemen Pengembangan Islam Malaysia (JAKIM) .

Acara  WHW 2018 terdiri dari tiga komponen utama, yaitu  Konferensi Halal Dunia (WHC) 2018 4-5 April 2018 yang diselenggarakan oleh HDC, Malaysia International Halal Showcase (MIHAS) 4-7 April 2018 yang diselenggarakan oleh MATRADE, dan Majelis Halal Internasional Malaysia (MyHA) 26 Maret sampai 3 April 2018 yang diselenggarakan oleh JAKIM.

Berbicara tentang Konferensi Halal Dunia, Chief Executive Officer HDC Dato 'Seri Jamil Bidin dalam publikasi HalalFocus, Minggu, (18/03/2018), mengatakan bahwa acara tersebut akan mempertemukan lebih dari 1.000 delegasi dari lebih dari 50 negara untuk membahas tema yang menggarisbawahi "Ke mana Perekonomian Berikutnya?" Ini adalah platform internasional untuk disorot.

"Pelaku industri produk Halal tidak dapat mengasingkan diri dari apa yang terjadi dengan cepat di sekitar kita - mereka harus menyesuaikan diri, karena teknologinya berlaku untuk semua orang sekarang dan peran kita di HDC adalah untuk memelihara dan mengembangkan perusahaan-perusahaan ini agar siap menghadapi revolusi global," kata Dato 'Seri Jamil.

Adapun,  WHC 2018 ke-10 ini akan fokus pada lima diskusi panel yaitu pada Game Changer: Economy Revolution; Munculnya Tren Ekonomi Global & Implikasi terhadap Industri Halal Malaysia; Internasionalisasi Ekonomi Islam: Kolaborasi Integrasi Global & Strategis; Halal & Sains; dan Ekonomi Digital: Mengelola Merek.

Pada MIHAS 2018, Chief Executive Officer MATRADE Ir Dr Mohd Shahreen Zainoreen Madros mengatakan bahwa acara empat hari akan diadakan di Malaysian International Trade and Exhibition Centre (MITEC). Dijuluki sebagai Pameran Halal terbesar di dunia, acara tahun lalu telah menarik lebih dari 22.000 pengunjung perdagangan, menarik 576 perusahaan dari 33 negara, dan berhasil menegosiasikan nilai perdagangan lebih dari RM1 miliar.

Tahun ini MIHAS akan lebih besar lagi, dengan pengunjung diperkirakan akan meningkat sebesar 10-15%, dan dengan lebih dari 1.000 stand pameran.(fau/halalfocus/dbs)


Back to Top