Pesepakbola Muslim asal Mesir Ini Jadi Idola Baru di Inggris

gomuslim.co.id- Kompetisi sepakbola Liga Premier Inggris (EPL) kini dihuni banyak pesepakbola muslim. Bukan hanya menjadi pemain biasa, tetapi juga menjadi andalan tim. Salah satunya adalah Muhamed Salah, pemain asal Mesir yang musim ini bersinar bersama klub dan negaranya.

Pemain kelahiran Nagrig, Gharbia, Mesir, 15 Juni 1992 itu bahkan menjadi pencetak gol terbanyak sementara di liga dengan koleksi 28 gol. Pasalnya, baru-baru ini ia mencetak empat gol sekaligus ketika timnya Liverpool menghadapi Watford pada pekan ke-31 Liga Inggris, Minggu dini hari WIB (18/3/2018).

Total di semua kompetisi, Mohamed Salah berhasil mencetak 36 gol musim ini. Ia melampaui rekor Fernando Torres untuk rekor pemain Liverpool pada musim debut pertamanya. Meski demikian, ia dikenal sosok yang sangat rendah hati.

Berkat kontribusinya ke dalam tim, mantan pemain AS Roma ini pun kini pujaan baru publik Anfield. Padahal, Salah belum genap semusim berseragam Liverpool.

Kedatangan Salah di Liverpool memang sangat fenomenal. Sejumlah fans Liverpool bahkan siap mengikuti agama Islam bila Salah terus mencetak gol. Pemain terbaik Afrika 2017 ini adalah seorang muslim yang taat dan kerap merayakan golnya dengan bersujud atau berlutut menatap ke langit.

Kepiawaian Salah bisa jadi akan membuat orang-orang Liverpool lebih tertarik soal Islam. Buktinya, suporter Liverpool membuat nyanyian baru untuk Salah, dan membawa statusnya sebagai muslim.

"Mo Salah-lah-lah-lah, Mo Salah-lah-lah-lah."

"Jika dia cukup baik untukmu, dia cukup baik untukku. Jika dia mencetak beberapa gol lagi, maka aku akan menjadi seorang muslim juga."

"Jika dia cukup baik untukmu, dia cukup baik untukku. Duduk di Masjid, itulah tempat di mana aku ingin berada."

Selain di klub, Salah juga jadi pahlawan nasional negaranya saat mengantar Mesir lolos ke Piala Dunia 2018. Dia mencetak dua gol penentu kemenangan Mesir. Pelatih Liverpool Jurgen Klopp menyanjung Salah sebagai pemain fantastis dan luar biasa. "Tak ada kata-kata lagi untuk menuliskan dia," kata Klopp beberapa waktu lalu.

Salah bergabung dengan Liverpool dari AS Roma pada bursa transfer musim panas 2017. Berkat penampilannya yang impresif, banderol Salah langsung meroket.

Salah diboyong ke Liverpool dengan nilai transfer 42 juta pound sterling atau setara Rp 801,62 miliar. Kini, harga sang pemain telah menyentuh angka 144 juta poundsterling (Rp 2,74 triliun). (njs/lip6/foto:aktual)

 


Back to Top