Relawan Suriah Bantu Siapkan Ribuan Paket Logistik IHC

gomuslim.co.id- Akhir pekan lalu, Ahad (18/03) menjadi pekan spesial bagi Indonesia Humanitarian Center (IHC). Pasalnya, sejumlah relawan yang merupakan pengungsi Suriah di kota Reyhanli turut membantu proses pengemasan bantuan logistik di pusat penyediaan logistik untuk pengungsi Suriah sumbangsih masyarakat Indonesia ini.

Sejak resmi beroperasi pada Jumat (16/3), kegiatan pengemasan 5.000 paket bantuan logistik di IHC terus berlangsung. Meski Ahad merupakan hari libur, mereka tetap berusaha merampungkan proses pengemasan bantuan logistik untuk saudara-saudara mereka.

Andi Noor Faradiba dari Global Humanity Response (GHR) mengungkapkan, para relawan Suriah akan terus dilibatkan dalam pengelolaan logistik di gudang IHC. Bahkan, mereka sudah turut ambil andil dalam pengelolaan logistik yang diangkut dari Mersin menuju gudang IHC di Reyhanli pekan lalu.

“Kami bekerja sama dengan mitra lokal di Turki, sebisa mungkin melibatkan para pengungsi Suriah di sini. Mulai dari pra-peresmian IHC hingga saat ini dan seterusnya. Mereka akan diberdayakan dalam proses penyediaan logistik untuk pengungsi Suriah lainnya di perbatasan (Turki-Suriah) serta pengungsi internal di dalam Suriah,” jelas Faradiba.

Para relawan memaknai keterlibatan langsung mereka dalam proses penyediaan dan pengemasan bantuan logistik. Hal ini diakui Husein, salah satu mitra ACT yang turut mengawasi proses pengangkutan logistik dari Mersin menuju gudang IHC di Reyhanli.

“Banyak pemuda Suriah yang membantu kami untuk menyiapkan ribuan paket logistik ini. Mereka tidak begitu banyak, tapi mereka membantu secara maksimal, apa pun yang mereka bisa. Mereka sadar bahwa mereka adalah relawan dan mereka ingin memberikan yang terbaik untuk saudara-saudara mereka, para pengungsi Suriah,” ungkap Husein.

Kekuatan iman dan ukhuwah ia rasakan menjadi penggerak para relawan untuk berpartisipasi dalam penyediaan bantuan kemanusiaan tersebut. Kekuatan ini pula yang menyatukan masyarakat Indonesia untuk membantu saudara-saudaranya yang mengalami kesulitan, meski terbentang jarak yang jauh.

“Terima kasih sebesar-besarnya untuk masyarakat Indonesia yang bergerak hatinya dan bersatu membantu para pengungsi Suriah di sini. Terbaik indonesia!” seru Husein.

Lebih dari seribu paket logistik telah rampung dikemas hingga Ahad kemarin (18/3). Setiap paket memuat 20 bahan pangan dan perlengkapan sanitasi. Beberapa di antaranya adalah pasta, kacang-kacangan, kurma, minyak zaitun, dan tepung.

Insya Allah, pekan ini sekitar 1.000 paket logistik akan didistribusikan ke pengungsi Suriah yang ada di Reyhanli, kota yang membatasi Turki dan Suriah. Bantuan logistik akan menyasar kamp-kamp pengungsian, rumah yatim Suriah, dan juga flat di mana beberapa pengungsi Suriah tinggal. (njs/act)


Back to Top