Agrowisata Kopi, Lada, dan Kakao Jadi Proyek Destinasi Wisata Baru di Lampung

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung kini mengembangkan agrowisata berbasis komoditas andalan Lampung. Komoditas itu kopi, lada, dan kakao dengan harapan untuk menarik kunjungan wisatawan. Sektor perkebunan masih menjadi penompang utama pertumbuhan ekonomi daerah Lampung.

Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Pemprov Lampung Heri Suliyanto  mengatakan pengembangan agrowisata berbasis komoditas unggulan daerah Lampung masih menjadi prioritas perkebunan. Pengembangan agrowisata kopi, lada, dan kakao selain dapat menumbuhkan ekonomi daerah dan menjadi daya tarik pariwisata.

Katanya, pengembangan agrowisata berbasis kopi di Kabupaten Lampung Barat, agrowisata berbasis lada di Kabupaten Lampung Timur, dan agrowisata kakao di Kabupaten Pesawaran. Diharapkan dukungan dari kabupaten sentra untuk dapat mewujudkan pengembangan kawasan agrowisata tersebut, ujar mantan kepala Dinas Pendidikan Lampung tersebut.

Adapun, perkebunan dan peternakan merupakan bagian dari sektor pertanian mempunyai peran yang sangat penting dan strategis dalam menunjang pertumbuhan ekonomi suatu daerah.

“Pengembangan agrowisata di Lampung karena penghasil kopi robusta berasal dari Kabupaten Lampung Barat, penghasil lada di Kabupaten Lampung Timur, dan penghasil kakao berada di Kabupaten Pesawaran. Tiga kabupaten tersebut berpotensi pengembangan komoditas andalan,” paparnya.

Selain itu, untuk mengembangkan agrowisata Lampung, pihaknya juga akan menjalani kerjasama dengan kalangan biro perjalanan wisata, perhotelan, tempat rekreasi wisata agar industri pariwisata di Lampung dapat ikut membantu menyebarkan luaskan informasi bahwa Lampung juga memiliki agrowisata yang memiliki daya tarik tersendiri.

Selain itu, Pemprov Lampung juga akan menggencarkan promosi, publikasi serta mengikuti travel mart maupun promosi wisata ke penjuru nusantara yang mengedepankan bahwa Lampung memilki agrowisata yang layak untuk dikunjungi.

Wisatawan yang tertarik dengan agrowisata yang ditawarkan Lampung, bisa mengunjungi langsung ke obyek wisataagro sesuai dengan yang diinginkan. Wisatawan dapat melihat perkebunan kopi, lada dan kakao. Juga bisa memetik langsung atau merasakan hasil perkebunan itu di kawasan yang sudah disajikan. (fau/antara/pemprovlampung/dbs/foto: fakta)


Back to Top