Ini Penyebab Gedung SDIT Pesantren Siliwangi Garut Terbakar 

gomuslim.co.id- Musibah kebakaran terjadi di Pesantren Siliwangi, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pukul 18.30, Senin (26/03/2018).

Sumber api diduga berasal dari bangunan dapur umum. Pimpinan Yayasan Siliwangi, Ila Susanti, mengatakan pengelola pesantren maupun para santri sebelumnya tidak tahu ada kebakaran karena sedang melaksanakan ibadah Salat Magrib di masjid.

"Setiap Magrib, semua ada di masjid, setelah keluar dari masjid baru tahu ada kebakaran," tutur Ila.

Sedangkan, awal diketahuinya peristiwa kebakaran tersebut dari seorang warga yang berteriak-teriak ada kebakaran gedung pesantren yang lokasinya berada di belakang Kantor Desa Haruman.

Kata Ila, kebakaran telah menghanguskan gedung di SDIT Pesantren Siliwangi berikut seluruh barang dan dokumen pesantren.

Akibatnya, semua koleksi perpustakaan mini, komputer, alat marching band dan alat peraga yang terbagi ke dalam empat sekat ruangan pun terbakar.

"Semua peralatan kebutuhan pesantren semuanya ada di situ," tandasnya.

Dalam laporannya, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Garut, Aji Sukarmaji, sudah menerjunkan empat mobil pemadam kebakaran untuk mengatasi kobaran api yang sudah menghanguskan bangunan di lingkungan pesantren.

Petugas pemadam kebakaran berhasil memadamkan api sekitar pukul 20.00 WIB atau dua jam setelah adanya laporan kebakaran tersebut.

“Mengenai penyebab kebakaran, saya belum mengetahui secara pasti tentang sember utama api karena masih dalam proses pemeriksaan,” terangnya.

Berdasarkan keterangan sementara, kata Aji, sejumlah saksi di dekat lokasi kejadian menyebut kemungkinan api berasal dari kompor gas yang lupa dimatikan.

"Ada indikasi juga selang penghubung bocor, karena di dekat lokasi ada dapur," tandasnya. (nat/tribunjabar/dbs/foto:antara)


Back to Top