Pendaftaran Petugas Haji di Aceh Diikuti 220 Peserta

gomuslim.co.id- Sejumlah 220 peserta mengikuti seleksi penerimaan calon petugas haji oleh Kementerian Agama (Kemenag) Aceh. Hal ini dinyatakan oleh Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Aceh, Abrar Zym. 

Sementara itu, Abrar mengatakan peserta yang mendaftar sebagai peserta mayoritas di kantor wilayah (kanwil) Aceh adalah peserta dari unsur pesantren, kampus, dan organisasi masyarakat Islam.

“Kanwil Kemenag Aceh terdaftar hampir 60 orang, Banda Aceh diikuti 25 peserta, Aceh Utara terdapat 16 orang, dan Bireuen sebanyak 10 peserta,” tutur Abrar.

Namun, ada pula jumlah peserta kurang dari tiga orang per daerah dari 23 kabupaten/kota di Aceh, yakni Aceh Barat Daya, Simeulue, dan Subulussalam masing-masing satu orang.

"Bagi peserta yang mendaftar di kantor Kemenag setempat, maka lokasi tesnya ditentukan panitia tes tingkat kantor Kemenag itu," kata dia.

Kata Abrar, ujian manual dilakukan Kamis, (29/03/2018). Bagi mereka yang dinyatakan lulus di tahapan itu, akan diarahkan mengikuti ujian online atau berjaringan melalui android.

"Tes online dengan android bagi yang lulus, termasuk wawancara dan praktik digelar pada Kamis, (12/04/2018)," papar dia.

Dalam keterangannya, Kepala Kemenag Aceh Daud Pakeh menyebut kuota haji provinsi paling Barat di Indonesia tersebut pada tahun ini sebanyak 4.359 orang.

“Terdapat 34 orang tim pembimbing haji daerah yang terdiri dari 14 pelayan umum, 14 pembimbing ibadah, dan enam pelayan kesehatan,” kata dia.

Kendati demikian, pendaftar haji asal Aceh yang masih waiting list (belum berangkat) hingga Rabu (14/03/2018), tercatat 97.340 orang, dan harus menunggu lebih dari 22 tahun. (nat/antara/dbs/foto:kemenlu)

 


Back to Top