Universitas California Resmi Sediakan Menu Makanan Halal untuk Mahasiswa Muslim

gomuslim.co.id-  Baru-baru ini, mahasiwa muslim di Universitas California resmi mendapatkan menu makanan halal di kantin kampus tersebut. Hal ini menjadi sebuah berita gembira bagi para mahasiswa muslim yang selama ini mengalami kesulita mendaatkan makanan halal di lingkungan kampus.

Salah satu mahasiswa muslim di Universita California,  Musa Dajani mengatakan hampir tidak dapat menemukan makanan yang cocok untuk makan di ruang makan, dengan sangat sedikit pilihan halal yang ditawarkan di kampus. Tapi ini sudah berubah tahun ini, berkat penyesuaian yang dilakukan pada menu makan kampus.

“Kami membayar USD 1.000 untuk makan di kampus. Tidak adil bahwa kita tidak dapat mengakses makanan yang sesuai pilihan kami, ”kata Dajani, seperti dilansir dari publikasi Santa Cruz Sentinel  News, Rabu, (28/03/2018).

Halal adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti "diizinkan." Istilah ini biasa digunakan untuk daging, tetapi juga berlaku untuk produk makanan, kosmetik, produk perawatan pribadi, dan farmasi lainnya yang tidak boleh berasal dari sumber non-halal seperti babi.

Halal juga berlaku untuk bahan-bahan lain yang dapat dikonsumsi dan dikonsumsi yang tidak boleh berbahaya bagi kesehatan manusia. Sebagai contoh, Islam menganggap anggur, minuman beralkohol, rokok, E-cigs, hookah dan hal-hal tidak sehat lainnya menjadi non-halal.

Untuk sesuatu yang dianggap halal, hewan dari mana asalnya harus diperlakukan dengan baik, dibesarkan dengan cara yang manusiawi dan sehat, dan disembelih menurut Syari'ah Islam untuk alasan kebersihan.

 Mahasiswa Muslim itu mengira dia harus menjadi vegetarian ketika dia mulai belajar di universitas. Selain itu, opsi di luar kampus juga terbatas.  “Makanan halal pertama di kampus adalah hamburger dan produk daging sapi lainny, “ kata Dajani.

Setelah upaya yang sukses dari Himpunan Mahasiswa Muslim universitas, situasinya telah banyak berubah. Selama tahun akademik saat ini, dua kafe sekolah, Banana Joe's dan Owl's Nest mulai menyajikan burger halal secara teratur.

“Staf makan telah bertanya kepada siswa jenis makanan apa yang mereka rekomendasikan dan telah memungkinkan siswa untuk merasakan tes sebelum membuatnya,” kata Dajani.

Sekarang, ada makanan halal lain yang disajikan, termasuk  ayam, paha ayam, cabai daging sapi, steak daging sapi, dan pizza ayam.

Dajani, sekarang seorang mahasiswa tahun ke-3, adalah salah satu dari sekitar 45 anggota Asosiasi Mahasiswa Muslim di kampus. Shyann Khan dan Bendahara Abir Rashid adalah dua siswa yang mempelopori inisiatif untuk membuat lebih banyak makanan halal tersedia. Mereka bertemu dengan karyawan ruang makan dan berbicara dengan staf tentang pilihan makanan yang terbatas, dan juga bertemu dengan wakil rektor.

Selain itu, universitas juga memperkenalkan perubahan lain pada menu untuk mengakomodasi siswa Muslim.

“Sekarang, ada ikon makanan halal di menu, mirip dengan tanda untuk vegan dan pilihan bebas gluten, " kata Rashid.

Tak hanya di Universitas California, sebelumnya, menurut publikasi Salaam Global Islamic Economic Gateway, Columbia, Boston University, University of Houston, Texas, Stanford dan University of California di Los Angeles, ada beberapa universitas Amerika lainnya juga sudah menyediakan makanan halal untuk mahasiswa muslim. (fau/dbs.foto: aboutislam) 


Back to Top