Beroperasi di Jalan Malioboro, Bus Double Decker Ramaikan Libur Lebaran Tahun Ini

gomuslim.co.id- Untuk memeriahkan libur Lebaran 2018, Kota Yogyakarta, Domapam akan mengoperasikan Bus Double Decker atau bus tingkat di sekitaran Jalan Malioboro. Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti mengatakan seiring dengan pelaksanaan revitaliassi di sisi barat Malioboro, maka bus Domapan akan dioperasionalkan saat libur Lebaran.

Kendati demikian, persiapan untuk operasional bus yang diperoleh dari hibah salah satu provider telepon selular tersebut terus dilakukan.

“Salah satunya dengan merapikan kabel yang melintang di sepanjang rute yang akan dilalui bus,” kata Haryadi.

Sementara, kata Haryadi, salah satu kendala yang dihadapi saat operasional bus yang diperoleh pada 2015 tersebut adalah keberadaan kabel listrik yang melintang di jalan karena bus tersebut memiliki tinggi sekitar 3,15 meter.

"Karena itu, kami bekerja sama dengan PT PLN untuk merapikan kabel listrik terutama di jalan yang akan menjadi rute bus agar bus bisa berjalan lancar," tuturnya.

Penataan kabel listrik juga dilakukan di Jalan Senopati, Jalan Mataram dan Jalan Suryotomo. Pihaknya berharap tidak ada lagi kabel listrik yang melintang di atas jalan, namun tertanam di tanah.

Bagi wisatawan yang ingin mengakses layanan bus tidak ada pungutan biaya, namun Pemerintah Kota Yogyakarta akan menerapkan persyaratan tertentu.

"Kami akan bekerja sama dengan Taman Pintar. Pengunjung dapat menggunakan tiket masuk ke Taman Pintar untuk berkeliling Malioboro menggunakan bus Domapan," tandasnya.

Selan itu, bagi wisatawan yang menggunakan kartu telepon dari provider yang menghibahkan bus juga dapat naik bus secara gratis.

"Harapannya, operasional bus ini bisa meningkatkan citra wisata di Malioboro. Apalagi pada 2019 nanti Malioboro hanya bisa dilalui kendaraan tidak bermotor dan angkutan khusus saja," tukas Haryadi. (nat/dbs/foto:okezone)

 


Back to Top