JAKIM Malaysia Luncurkan Asosiasi Global untuk Promosikan Produk Halal

gomuslim.co.id-   Pemerintah Malaysia baru-baru ini mengumumkan pembentukan asosiasi internasional baru organisasi halal yang bertujuan untuk membawa kolaborasi yang lebih besar untuk sertifikasi halal.

Badan Otoritas Halal Internasional, The International Halal Authority Board (IHAB), yang sekretariatnya akan berbasis di Malaysia, dirancang oleh Departemen Pembangunan Islam Malaysia (JAKIM) untuk memenuhi lima tugas utama.

“IHAB akan berfungsi sebagai platform untuk harmonisasi antara otoritas halal global dan badan sertifikasi,” kata Direktur Hub Halal JAKIM, Dr Sirajuddin bin Suhaimee, seperti dilansir dari publikasi SalaamGateway, Jumat, (06/04/2018).

Selain itu, dalam kolaborasi tersebut, asosiasi ini akan mempromosikan sertifikasi halal antara anggota di bawah pengaturan dengan saling pengakuandi negara masing-masing. Hal ini juga akan mendorong kerja sama global di antara anggota, memberikan pelatihan bagi lembaga sertifikasi untuk meningkatkan perkembangan mereka, dan membantu meningkatkan akses pasar.

Semua badan sertifikasi milik Muslim yang diakui oleh negara-negara Organisasi Kerjasama Islam (OKI) akan diundang untuk bergabung dengan IHAB, begitu juga dengan instansi pemerintah OKI dan otoritas halal. Dalam model keanggotaan yang inklusif, agensi dan otoritas dari negara-negara non-Muslim juga dapat memperoleh status anggota asosiasi, meskipun mereka tidak akan berhak untuk memberikan suara pada resolusi.

"IHAB adalah platform untuk harmonisasi untuk semua otoritas, terutama untuk negara-negara OIC dan badan-badan sertifikasi di seluruh dunia," kata Suhaimee.

Selain itu, Direktur Jenderal JAKIM Othman Mustafa juga mengatakan industri halal sekarang harus bekerja untuk menyatukan sejumlah besar sistem sertifikasi dan prosedur untuk merobohkan hambatan perdagangan. Saat ini JAKIM sendiri mengakui 69 badan sertifikasi yang berbeda di 42 negara.

“Dengan memadukan negara OKI dan non-OKI, IHAB akan memiliki dampak positif pada otoritas halal di masa depan. Kami berharap tujuan ini akan tercapai, ”kata Mustafa.

Dia menekankan bahwa fungsi IHAB adalah menyediakan platform untuk harmonisasi antara otoritas halal global dan badan sertifikasi, sedangkan IHAF fokus pada akreditasi. (fau/salaam/dbs/foto: malaysiatoday)

 


Back to Top