Rayakan Milad ke-440, Kabupaten Sumedang Gelar Festival Tahu Sejuta Rasa

gomuslim.co.id- Dalam rangka memeriahkan ulang tahun ke-440 Kabupaten Sumedang, Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Sumedang Jawa Barat, menggelar Festival Tahu Sejuta Rasa (FTSR) 2018 di Alun-alun Kota Sumedang, pada Ahad (08/04/2018). Kegiatan ini digelar sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kota Tahu Sumedang

Ketua PHRI Sumedang Nana Suryana dalam rilis resminya mengatakan  kegiatan ini untuk mengangkat kembali kuliner khas Sumedang yakni tahu. Kuliner khas daerah memiliki potensi yang sangat besar untuk menunjang kepariwisataan.

Selain itu, penyelenggaraan festival ini untuk membantu para pelaku promosi UMKM khususnya pengusaha tahu. Kegiatan ini bakal memanjakan para pecinta kuliner. Pengunjung bakal diajak mencicipi beragam kuliner olahan tahu sumedang yang tersohor.

Festival  Tahu Sejuta Rasa (FTSR) 2018 akan melibatkan ratusan pedagang tahu dan puluhan ribu masyarakat yang ada di Kabupaten Sumedang. Nantinya, mereka akan berjajar mulai dari Binokasih hingga halaman Lapas Sumedang kemudian makan tahu secara bersama-sama.

“Nanti dalam kegiatan ini ada sebagian yang menggoreng tahu. Mereka itu adalah para pedangan yang biasa menggoreng tahu. Mereka juga akan menjelaskan bagaimana cara menggoreng tahu agar rasanya enak,” katanya.

Tak hanya itu,  FTSR juga bakal dimeriahkan dengan berbagai lomba seperti lomba makan tahu, lomba hiburan, lomba resep kuliner tahu Sumedang, dan lomba fotografi pesona kuliner Sumedang.

“Kegiatan festival tahun ini akan menjadi ajang promosi para pengusaha tahu yang ada di Sumedang, sehingga panitia mempersilahkan tiap pengusaha mempromosikan diri,” imbuhnya.

Kuliner merupakan bagian tak terpisahkan dari pariwisata. Apa lagi tahu Sumedang. Ini merupakan kuliner ikonik yang begitu terkenal.

“Ini tentu harus kita manfaatkan untuk mendongkrak pariwisata Sumedang,” sambungnya.

Selain terkenal dengan tahunya, Kabupaten Sumedang memiliki sederet kuliner makanan khas yang mempunyai cita rasa yang sudah tidak diragukan lagi. Banyak sekali pilihan alternatif menu makanan yang bisa anda coba ketika berkunjung atau sekedar mampir,  di anataranya ubi cilembu, soto Bongko, oncom, tape singkong, opak ketan, dan lainnya. (fau/phri/dbs/foto: haluan)


Back to Top