Bagikan 1000 Kencleng Sedekah, Yayasan Sedekah Ngider Indonesia Inisiasi Kampung Sedekah di JakartaTimur

gomuslim.co.id- Dalam rangkaian acara Milad ke-2 Sedekah Ngider pada Minggu, (08/04/2018), Kampung Baru yang berlokasi di Ciracacas, Jakarta Timur ini diinisiasi menjadi Kampung Sedekah. Acara tersebut sekaligus menjadi peresmian Yayasan Sedekah Ngider Indonesia.

Adapun, salah satu program Yayasan Sedekah Ngider Indonesia ini bertujuan untuk membangun perkampungan sedekah, di mana para warga sekitar bisa semakin peduli pada sesama dan saling tolong menolong lewat sedekah. Lokasi kampung sedekah ini adalah di wilayah sekitar Sekretariat Rumah Kreatif Sedekah Ngider, yaitu di Jalan Kampung Baru RW 9, Ciracas, Jakarta Timur.

“Kami punya impian bersama bahwa kampung baru Ciracas bisa menjadi kampung sedekah, di mana semua warga bisa ikut berpartisipasi menyisihkan uangnya di kencleng sedekah yang kami bagikan. Uang tersebut akan kami data setiap bulannya dan digunakan untuk keperluan bersama, seperti pengobatan jika ada warga yang sakit, membiayai sekolah anak yang tidak mampu, menyantuni anak yatim dan dhuafa dan lainnya. Kencleng sedekah menjadi program melatih diri untuk bersedekah setiap hari, yaitu dari, oleh, dan untuk warga, “ papar Iif Latifah, Bendahara Umum Sedekah Ngider.

Selain itu, Sekretaris Umum Sedekah Ngider, Rinawati Dewi juga mengatakan program kampung sedekah dan 1000 kencleng sedekah ini menjadi ikhtiar Yayasan Sedekah Ngider untuk mengajak warga sekitar saling membantu dan tolong-menolong lewat sedekah, yaitu berbagi kebahagian dan kebermanfaatn seluas-luasnya untuk warga.

“Setelah menjadi Yayasan Sedekah Ngider, kami terus melakukan edukasi kepada warga tentang sedekah. Apalagi salah satu goal utama dari program 1000 kencleng yang disebar kepada warga ini adalah untuk pengadaan ambulans gratis. Karena itu, bagi anak muda atau siapa saja yang belum bergabung di Sedekah Ngider, yuk gabung!, kita sama-sama sedekah bareng, berbagi kebahagiaan dan kebermanfaatan, karena berbagi itu bukan selagi mampu, tapi selagi mau, “ kata Rina.

Peresmian kampung sedekah ini menjadi salah satu rangkaian acara perayaan Milad ke-2 yang berlangsung pada Minggu, (08/04/2018). Acara ini melibatkan warga sekitar Rumah Kreatif Sedekah Ngider lewat beragam kegiatan, di antaranya adalah lomba masak, lomba mewarnai dan menghafal Alquran untuk anak-anak, pemeriksaan kesehatan gratis, kampung belanja syariah, santunan anak yatim dan dhuafa lansia, serta tausiyah bersama Ustadzah Lulu Susanti.

Untuk diketahui, Sedekah Ngider ini berawal dari sebuah komunitas sosial dakwah yang berfokus pada kegiatan sedekah atau berbagai yang resmi terbentu pada 3 April 2016. Selanjutnya, Sedekah Ngider resmi berbadan hukum menjadi Yayasan Sedekah Ngider Indonesia pada 5 Maret 2018. Saat ini Sedekah Ngider sudah hadi di beberapa kota, di antaranya adalah Jakarta, Bandung, Sumedang, Purwokerto, Bogor, Bekasi, Surabaya, dan Malang. Adapun, kegiatan rutin Sedekah Ngider adalah satunan anak yatim dan dhuafa, pemeriksaan kesehatan gratis, gerakan cinta masjid, peduli bencana, berbagi nasi bungkus, program kakak asuh, dan lainnya. (fau)

 

 


Back to Top