Dukung Produk Halal, Pakistan Gelar Konferensi dan Pameran Halal Internasional

gomuslim.co.id-Industri halal dunia semakin berkembang. Sejumlah negara mulai berlomba-lomba menghadirkan produk halal untuk pasar muslim yang sangat besar. Salah satunya adalah negara Pakistan.

Baru-baru ini, Badan Pengembangan Halal Punjab (PHDA) menggelar Konferensi dan Pameran Halal Internasional di Lahore, provinsi Punjab, Pakistan. Konferensi ke-7 ini bertujuan untuk memperlihatkan potensi peternakan dan industri terkait bagi masyarakat internasional dan investor.

“Konferensi ini memiliki target untuk meningkatkan perdaganganan halal di Pakistan. Pameran dan Konferensi Halal ini diselenggarakan selama dua hari pada 17 dan 18 April,” demikian seperti dilansir dari publikasi The Nation, Kamis (19/04/2018).

Menurut Ketua PHDA, Khalil-ur-Rehman Khan, dalam acara yang berlangsung dua hari itu, sektor swasta, pelaku bisnis Halal internasional dan pejabat pemerintah duduk di bawah satu payung dan mencari solusi dari masalah yang dihadapi oleh sektor Halal. Hal itu dilakukan sebagai upaya meningkatkan ekspor produk halal.

Selain itu, berbagai MoU di antara para pemangku kepentingan juga ditandatangani dalam kesempatan tersebut. “Pemerintah Punjab berusaha untuk meningkatkan industri halal negara tersebut dan acara ini juga bertujuan untuk meningkatkan potensi perdagangan Halal di Provinsi Punjab,” katanya.

PHDA sendiri telah memfasilitasi lebih dari 40 pembeli potensial dan para peserta pameran internasional yang terdaftar untuk mengunjungi Pakistan dan mengamati rantai nilai Halal dan Peternakan di negara tersebut. Lembaga ini juga telah merencanakan kunjungan lapangan bagi orang asing ke perusahaan peternakan, rumah potong hewan dan industri terkait dalam rangka menyoroti potensi terpendam dari industri ini.

Dalam konferensi tersebut, adapula kegiatan memasak di kalangan rekan pertemuan untuk memamerkan makanan tradisional Pakistan. Pada kegiatan tersebut turut hadir berbagai pakar industri halal dari Kazakhstan, Cina, Malaysia, Turki, Arab Saudi, dan negara lainnya. (njs/thenation/dbs)


Back to Top