Pondok Pesantren di Amerika Akan Resmi  Dibuka pada Juli 2018

gomuslim.co.id- Rencana dibangunnya pesantren di Amerika Serikat akhirnya dapat terealisasi. Presiden Nusantara Foundation imam Shamsi Ali mengatakan pesantren Nusantara Madani akan mulai beroperasi pada Juli 2018.

Kata Shamsi Ali, sementara ini pihaknya menargetkan antara bulan Juli atau Agustus, dan hingga saat ini sudah ada sekitar 40 sampai 50 santri yang diterima.

“Pesantren juga akan menerima santri internasional termasuk non Muslim dengan karakter bangunan Indonesia sebagai misi memperkenalkan Indonesia dan Islam,” tutur Shamsi yang juga imam di Islamic Center of New York usai bertemu Menteri Sosial Idrus Marham di Jakarta, Kamis (19/04/2018).

Lokasi pesantren berada di lahan seluas 7,5 hektare di antara Kota New York dan Boston yang berlokasi di tengah-tengah universitas terkenal seperti Harvard, Boston, Yale, MIT dan tidak jauh dari NYU, Colombia, dan sebagainya. Dipilihnya Ameria sebagai lokasi pendirian pesantren karena beberapa hal, pertama ada stereotype di Amerika bahwa Islam itu Timur Tengah. Pihaknya ingin menyampaikan bahwa Islam itu universal untuk semua manusia.

“Jadi jangan dikaitkan dengan Timur Tengah saja. Timteng itu kan identik dengan konflik dan kekerasan. Kita tidak ingin Islam selalu dikaitkan dengan hal seperti itu,” papar Shamsi.

Adanya islamphobia di Amerika juga menjadi alasan kedua, menurutnya rata-rata masyarakat di AS mempunya pandangan yang tinggi karena ketidakpahaman. Karena itu, cara terbaik untuk menjawab islamofobia tersebut adalah dengan kerja nyata.

“Alasan terpenting adalah setelah 21 tahun berdakwah di AS, kita Ingin tunjukan bahwa Indonesia adalah negara Muslim terbesar. Yang dikenal di luar negeri hanya Bali saja, kita juga ingin kenalkan Indonesia,” tukasnya.

Sementara itu, diperkirakan anggaran untuk membangun pesantren hingga sesuai harapan lebih besar lagi dan mampu menampung ribuan santri mencapai 10 juta dolar AS.

“Mimpi terbesar adalah mendirikan mualaf center karena perkembangan mualaf yang begitu besar,” kata dia.

Pembangunan pesantren Nusantara Madani, juga mendapat dukungan dari Mensos Idrus Marham.

“Tugas mulia ini harus kita dukung sepenuhnya. Upaya meyakinkan dan mengubah opini sebagian besar orang-orang Amerika tentang Indonesia dan Islam. Harus kita dukung sepenuhnya karena ini misi yang baik,” pungkas Mensos Idrus Marham. (nat/antara/dbs/foto: rasilnews)


Back to Top