#PemburuKajian

Kajian Akhlak Bersama Ustadz Bobby: Tengok, Seberapa Dekat Kita dengan Alquran?

gomuslim.co.id- Pemburu Kajian Jakarta menggelar Kajian Akhlak bertajuk "Ketika Aku Mencintai Akhlaknya" di Masjid Nurul Amal Pasar Minggu, Ahad (22/04/2018). Kajian yang yang disampaikan oleh Founder Askar Kauny Ustadz Bobby Herwibowo L.C ini dihadiri oleh puluhan pemuda-pemudi dari wilayah Jakarta dan sekitarnya.  

Dalam pemaparannya, ulama pelopor "Menghafal Qur'an Semudah Tersenyum" itu menceritakan risalah Rasulullah SAW saat menangis merindukan umatnya. Bahkan sampai di akhir hayatnya pun Rasulullah masih memikirkan keadaan umatnya kelak.

“Betapa lembut perangai dan hatinya. Dan Allah telah berfirman dalam Alquran:  Sesungguhnya telah ada dalam diri Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah,” kata ustadz Bobby mengutip ayat Alquran Surat al-Ahzab [33] ayat 21.

Ustadz Bobby  menegaskan bahwa Akhlak Rasulullah sejatinya adalah Alquran. Semua yang ada dalam Alquran merupakan cerminan dari akhlaknya. “Maka bacalah Alquran, pelajarilah Alquran dan amalkan lah isi kandungan Alquran. Jika cacian masih bertengger di mulut, benci menjadi benalu di hati dan perilaku masih jauh dari kata terpuji,” ungkapnya.

“Maka marilah kita tengok interaksi kita dengan Alquran. Sudah seberapa dekat kita dengannya? Jangan-jangan malah smartphone yang selalu dalam dekapan dan genggaman? Yuk bersama-sama kita muhasabah diri kita,” sambung Ustadz Bobby.

Selain itu, Ustadz Bobby  juga memberikan salah satu tips menghafal Alquran sesuai tuntutan Rasulullah. “Dalam Surat Al-Qiyamah [75] ayat 16 sampai 19 dijelaskan bahwa untuk  mempelajari Alquran baik dalam segi makhorijul huruf, panjang pendek bacaan, dan sampai pemahaman tafsirnya janganlah kita tergesa-gesa dan bergegas untuk menyudahinya. Karena setiap huruf yang kita baca dan pelajari ada seribu pahala yang terkandung di dalamnya.” paparnya.  

Materi yang disampaikan juga terkait amalan dihari Jum'at seperti perbanyak sholawat kepada baginda Rasulullah SAW, membaca surat Al-kahfi dan melapangkan sedekah. Selain itu, ittiba’ adab-adab dan sunnah Rasulullah. (njs/pk)

 


Back to Top