Paket Wisata Domestik Kian Diminati Jelang Libur Lebaran

gomuslim.co.id- Angka pemesanan hotel untuk libur Lebaran Idul Fitri pada kuartal pertama 2018 meningkat 30 persen dibanding tahun lalu. Angka ini jauh lebih besar dibanding pada kuartal pertama 2017 silam, yang hanya mencapai 11 persen.

Chief Operating Officer perusahaan travel berbasis daring, Mister Aladin, Nitha Sudewo menuturkan bahkan pembukuan hotel untuk keperluan libur lebaran tahun ini sudah dimulai pada kuartal pertama 2018.

''Untuk tahun ini, yang pasti, sudah ada peningkatan 30 persen dibanding libur Lebaran tahun lalu,'' tutur Nitha.

Pada tahun ini, orang cenderung telah merencanakan libur Lebaran dari jauh-jauh hari. Jika pada tahun lalu, pembukuan hotel untuk libur Lebaran paling cepat dilakukan satu atau dua bulan sebelum libur Lebaran, maka saat ini orang sudah melakukan pemesanan dari awal tahun.

''Bahkan, untuk libur Lebaran sekarang, sudah ada yang dari Januari,'' ucapnya.

Hal ini, menurut Nitha, tidak terlepas dari gelaran Travel Fair yang sudah dilakukan secara terjadwal sejak awal tahun.

“Sehingga, konsumen sudah bisa merencanakan perjalanan libur Lebaran mereka dengan memanfaatkan berbagai promo hotel dan tiket pesawat murah,” tambahnya.

Tak hanya itu, Nitha juga menyebut, adanya perubahan tren destinasi wisata pada libur Lebaran.

Sebelumnya, konsumen banyak memilih liburan di luar negeri, dengan pesawat rute-rute internasional. Namun, mulai dari tahun lalu, ada pergeseran referensi kunjungan wisata untuk libur Lebaran.

''Rute domestik lebih tinggi dibanding rute internasional. Mungkin, setelah mereka pulang kampung, selesai hari pertama dan hari kedua, mereka langsung lanjut travelling. Apalagi, cuti Lebaran sekarang makin panjang,'' papar Nitha.

Dalam rangka memenuhi permintaan konsumen dan mengakomodasi tren pemesanan dalam negeri saat libur Lebaran, Mister Aladin meluncurkan fitur terbaru berupa itur pemesanan tiket pesawat. Nantinya, konsumen bisa langsung memesan tiket pesawat melalui Mister Aladin, baik lewat platform aplikasi maupun web.

“Untuk saat ini, Mister Aladin masih akan fokus dan melayani rute domestik,” sambungnya.

Hal senada juga diungkapkan CEO Mister Aladin, Veranika Gunawan, ia mengaku, sejak soft launching fitur pemesanan tiket pesawat, awal tahun lalu, ada kenaikan pemesanan hotel sebesar 63 persen pada kuartal pertama 2018, dibanding kuartal pertama 2017.

Tidak hanya itu, ada pula peningkatan pemesanan hotel sebesar 18 persen pada kuartal pertama 2018, dibanding kuartal keempat 2017. (nat/dbs/foto:bisnis)

 


Back to Top