Gandeng Komunitas Muslimah Academy, Gomuslim Gelar Intimate Event #BelajarBareng ‘Sehari Belajar Memanah’

gomuslim.co.id- Sebagai upaya menjembatani pembaca dengan hobi dan gaya hidup halal, portal media online gomuslim.co.id hadir dengan kegiatan offline yang mengusung tagline #BelajarBareng. Pada edisi bulan April 2018 ini, gomuslim berkolaborasi dengan Komunitas Muslimah Academy (MA Archery) menggelar acara “Sehari Belajar Memanah” yang diadakan pada, Minggu (29/04/2018).

Bertempat di De’Mahogany Cafe, gomuslim mengemas kegiatan offline dengan konsep intimate and exclusive event dengan tujuan untuk memperdalam pembahasan materi dan praktik secara lengkap dan intensive. Sebelum memulai kegiatan, perserta diedukasi mengenai manfaat olahraga panahan (archery), anjuran sunnah dalam Islam, dan berbagai pengetahuan dasar mengenai alat.

Olahraga panahan sendiri merupakan salah satu cabang dari tiga olahraga yang dianjurkan Rasulullah SAW. Di antaranya berenang, berkuda dan memanah. Sedangkan, olahraga panahan memiliki banyak mahzab, salah satu mahzab yang dipopulerkan oleh MA Archery adalah tradisional archery, di mana busur dan anak panah terbuat dari kayu atau bambu.

“Kenapa kita pilih yang tradisional karena bener-bener melatih konsentrasi, harus fokus karena melatih anak panah tetap seimbang,” tutur Ana salah satu pelatih MA Archey.

Dalam kesempatan kali ini, peserta mendapat penjelasan yang mendalam seputar memanah, makna setiap alat dan filosofinya bagi kehidupan, terutama perspektif dalam Islam.

Salah satu nilai filosofinya busur, anak panah dan target merupakan satu kesatuan yang saling mempengaruhi, jika diibaratkan dalam sebuah keluarga, busur adalah seorang ibu, anak panah adalah ayah dan target adalah anak yang ketiganya memiliki keterkaitan. Busur dan anak panah menjadi penentu ke mana mata anak panah akan menancap di target (anak). Dalam analogi keluarga ayah dan ibu menjadi penentu anak-anaknya.

“Seru, seneng bisa coba langsung memanah, dapat banyak ilmu baru dan mendalam. Malah rasanya bukan ‘Sehari Belajar Memanah’ lagi, tapi kita dapat ilmu lebih,” tutur Elsa, peserta asal Depok.

Event offline #BelajarBareng akan rutin diselenggarakan oleh gomuslim secara berkala dengan tema dan hobi yang berbeda-beda. Kunjungi website dan akun media sosial instagram @gomuslim untuk mendapatkan info update dan merasakan keseruan #BelajarBareng pada batch selanjutnya. (nat)


Back to Top