Ini Alasan Penting Pemerintah Harus Miliki Bank Syariah Skala Besar

gomuslim.co.id- Jumlah perbankan syariah di Indonesia saat ini cukup banyak. Namun, rata-rata masih dalam level unit usaha syariah dan bank umum syariah skala kecil. Bagi negara dengan populasi muslim terbesar dunia, Indonesia dinilai perlu memiliki bank syariah skala besar.

Hal demikian disampaikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Indonesia Bambang Brodjonegoro baru-baru ini. Menurutnya, membentuk entitas baru atau merger bank syariah yang sudah eksis bisa dilakukan untuk menghadirkan bank syariah skala besar.

“Jangan terus hanya terfokus untuk meningkatkan jumlah bank syariah tetapi yang kecil-kecil. Harus ada satu atau dua bank syariah yang skala besar yang setara dengan bank konvensional skala besar,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, tujuan kehadiran bank syaraih skala besar tersebut tidak lain untuk memacu inklusi di sektor keuangan syariah Tanah Air. Pasalnya, bank besar diyakini dapat menarik kepercayaan masyarakat secara lebih masif sehingga lebih banyak yang bersedia menempatkan dananya di bank syariah.

Bambang mengutarakan bahwa tantangan utama dalam mengupayakan kehadiran bank syariah skala besar adalah kekuatan permodalan. Selain itu, ekosistem syariah/halal yang melingkupinya juga perlu didorong agar berkembang secara lebih luas.

“Ekosistem itu [perlu dibangun] agar lebih banyak produsen di bidang bisnis halal atau syariah, misalnya, yang bisa langsung bermitra dengan bank-bank syariah,” ujar dia.

Ia menjelaskan, yang dibutuhkan untuk meningkatkan inklusi keuangan syariah terutama di industri perbankan adalah kehadiran bank syariah skala besar yang notabene pelat merah alias BUMN. Badan usaha milik negara (BUMN) dinilai memiliki kecukupan modal serta pengalaman yang memadai. (njs/bisnis/dbs/foto:sajada)

 


Back to Top