Pastikan Bebas dari Zat Berbahaya, 100 Sampel Air Zamzam Diperiksa Setiap Hari

gomuslim.co.id- Selama Ramadhan setidaknya 100 sampel air Zamzam diperiksa setiap hari. Kegiatan rutin ini dilakukan  untuk memastikan bahwa air tidak terkontaminasi dan bebas mikroba, di bawah Presidensi Umum untuk Urusan Dua Masjid Suci, pengecekan ini dilakukan oleh Suqiya Zamzam.

“Sampel air Zamzam dikumpulkan untuk diuji dari semua titik outlet, waduk dan stasiun penyegelan,” tutur kata Direktur Departemen Suqiya Zamzam, Osama Al-Hajili.

Kata Al-Hajili, tes semacam itu dilakukan untuk memastikan keamanan air Zamzam. Selain itu juga untuk menjamin akses yang aman ke air yang diberkati tersebut kepada para pengunjung dan peziarah umroh.

Seperti dilansir dari publikasi Saudigazette, Senin (21/05/2018), Masjidil Haram memiliki sekitar 660 stasiun minum Zamzam di samping sekitar 25.000 kontainer untuk menyediakan air Zamzam. Di sana juga terdapat 352 tangki stainless steel untuk melestarikan air Zamzam yang ada di dalam Masjidil Haram.

Pihak Kepresidenan Dua Masjid Suci memastikan hal itu setelah usainya proyek renovasi sumur Zamzam yang telah selesai tepat menjelang Ramadhan. Sedangkan proyek renonasi sumur Zamzam ini memiliki dua tahap. Bagian pertama adalah membangun lima transit dari sisi timur mataf, sementara bagian kedua melibatkan sterilisasi air dan menghilangkan partikel beton dan besi dari daerah sekitar sumur.

“Adanya kedua tahap kedua proyek ini juga bertujuan untuk memurnikan air dari bahan berbahaya dan meningkatkan aliran air Zamzam,” kata Al-Hajili. (nat/saudigazette/dbs/foto:kemenag)

 

 


Back to Top