Bertolak ke Bangkok, Enam Siswa MAN 2 Palu Ini Wakili Indonesia di Final AIMO 2018

gomuslim.co.id- Torehan prestasi tingkat nasional dan internasional kembali diraih siswa madrasah. Kali ini, enam siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Palu lulus tes matematika dalam ajang Asia International Mathematical Olympiad (AIMO Trial 2018).

Perhelatan yang digelar serentak pada Minggu, 18 Maret 2018, di 32 wilayah di Indonesia mengantarkan mereka menuju tahap selanjutnya. Kepala MAN 2 Kota Palu Muhammad Fadly mengatakan, AIMO 2018 diikuti ratusan peserta.

“Sebanyak enam orang siswa MAN 2 Kota Palu berhasil mendapatkan penghargaan MERIT, dan berhak ikut pada babak Final AIMO 2018. Mewakili Indonesia, keenam siswa ini akan bertolak ke Bangkok pada 3 sampai 7 Agustus 2018,” ujarnya baru-baru ini.

Asia International Mathematical Olympiad (AIMO) sendiri merupakan ajang kompetisi Olimpiade Internasional yang diorganisir oleh Asia International Mathematical Olympiad Union di Hongkong. AIMO digelar sejak 2012. Kompetisi ini telah diikuti oleh 13 negara se-Asia, yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Kazakhstan, Hongkong, Taiwan, China, Macau, Korea Selatan, Bulgaria, dan Myanmar. AIMO dimaksudkan sebagai sarana untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis (critical thinking skills) para siswa.

Enam finalis dari MAN 2 Kota Palu adalah Citra Nafisah (X MIA), Moh. Rifkan (X MIA), Agung Prabowo (X IIK), Auni Fadilah (X IIS), Fitrah Amalia (X MIA) dan Frilia Zaskia (X MIA). Selain menjadi finalis AIMO, keenam siswa ini juga telah mengukir banyak prestasi.  Beberapa prestasi yang diraih antara lain, juara umum 2 lomba PMR Cross Country tingkat WIRA se Kota Palu, Juara Pidato Bahasa Arab se Kota Palu, Juara 1 Master Language se-Kota Palu, dan juara 1 Tahfidz Remaja. (njs/kemenag)


Back to Top