Tingkatkan Kenyamanan Jemaah, Kerajaan Saudi Pasang Ratusan Pendingin di Sekitaran Masjidil Haram

gomuslim.co.id- Alat pendingin udara di Tanah Suci adalah peralatan yang tidak dapat dipisahkan untuk mendukung serangkaian ibadah, baik umroh maupun haji agar jemaah dapat nyaman melaksanakan setiap tahapannya.

Menyadari betapa pentingnya pendingin udara, Pemerintah Arab Saudi mendesak sehingga melancarkan proyek pengadaan kipas angin di masjid-masjid. Seperti yang dilansir dari publikasi Al-Ekhbariya, Jumat, (01/06/2017), ratusan kipas dipasang di salah satu masjid di Madinah, yakni Masjid Al-Mustofa. Suhu pada musim panas kali ini diperkirakan bisa mencapai 50 derajat Celcius.

Proyek pengadaan kipas ini menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Saudi yang dikenal dengan udaranya yang panas dan kering menjadi tempat berkumpulnya jutaan orang di waktu bersamaan.

"Tujuannya supaya jamaah tidak merasakan panas berlebihan selama musim panas sehingga menjadi lebih nyaman beribadah. Apalagi sebentar lagi musim haji yang akan menjadi magnet kunjungan," tulis Arab News, Jumat (01/05/2018).

Hingga saat ini, ada 436 kipas yang terpasang di satu masjid. Beratnya mencapai 120 kilogram total. Setiap jam, kipas-kipas tersebut menyemprotkan 200 liter air dalam bentuk embun-embun kecil. (nat/alekhbariyah/arabnews/dbs/foto:islamiccenter)


Back to Top