#KabaRamadhan

Ratusan Bus Merah London Tampilkan Kampanye Islami Selama Ramadhan

gomuslim.co.id- Islam semakin berkembang di negara Inggris. Dalam beberapa tahun terakhir, populasi muslim di Negeri Ratu Ellizabeth ini terus meningkat. Hal ini pun berdampak pada kemeriahan bulan suci Ramadan yang kian terasa di negara tersebut.

Salah satu contohnya adalah adanya poster bertuliskan “For the Love of Allah, Save a Life Now” di badan bus merah yang terlihat selama bulan Ramadhan. Tulisan yang disertai gambar tangan terbelenggu itu lekat dengan bus tingkat legendaris yang mencapai puncak popularitas pada 1970 hingga 1990-an.

Menurut Kepala Komunikasi Islamic Relief Inggris Judith Escribano, iklan yang dipasang Yayasan Kemanusiaan Islamic Relief tersebut diharapkan dapat mendorong orang muslim dan nonmuslim untuk mengulurkan tangan terhadap orang-orang yang mengalami penindasan, kelaparan, penderitaan, dan kesengsaraan akibat perang atau pengusiran.

Kampanye seperti “Subhanallah” atau “Allahu Akbar” juga terpasang sejak 23 April silam. Islamic Relief sedikitnya memasang 75 iklan d ibus double decker, 100 iklan di bus Manchester, dan 82 iklan di gerbong kereta bawah tanah di Glasgow. Iklan yang dilengkapi gambar ilustrasi tersebut juga dimaksudkan untuk membendung persepsi negatif mengenai Islam dan muslim menyusul tingginya Islamophobia.

“Pesan kami sederhana, yaitu pengingat agar kita selalu bersyukur kepada Allah, juga agar berzakat. Karena itu, kami memilih menyebarkan pesan itu ke seluruh Inggris dengan harapan jutaan orang melihatnya,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi fundraising.co.uk baru-baru ini.

Lebih lanjut, Escribano menuturkan, di tengah peningkatan Islamophobia, pemasangan iklan ini merupakan kesempatan untuk menunjukkan aktivitas positif yang biasa dilakukan muslim Inggris dan untuk mencegah radikalisme.

Mayoritas muslim Inggris biasanya mengeluarkan zakat harta kekayaan sebesar 2,5 persen selama Ramadan. Sumbangan yang berhasil dikumpulkan akan disalurkan kepada anak-anak korban perang di Suriah dan korban diskriminasi di Inggris karena hak-haknya terenggut.

Sementara itu, Direktur Islamic Relief Imran Madden menambahkan, iklan ini merupakan iklan perubahan. Transport for London (TfL) juga mendukung iklan tersebut.

Perdana Menteri (PM) Inggris Theresa May mengatakan umat muslim Inggris sangat dermawan dalam membantu orang fakir, miskin, dan orang yang membutuhkan pertolongan. Menurut May, ibadah puasa memberikan dampak positif karena mendorong umat muslim memahami kondisi orang-orang yang kurang beruntung.

“Umat muslim melakukan aksi nyata dengan menunjukkan kedermawanan terhadap mereka yang membutuhkan dan terus mendonasikan jutaan poundsterling dalam berbagai proyek sumbangan di Inggris dan luar negeri,” katanya. (njs/ukfundrising/foto:okezone)


Back to Top