Jelang Libur Lebaran, Tiga Bank Ini Layani Nasabah Secara Terbatas

gomuslim.co.id- Sejumlah bank tetap memberikan pelayanan terhadap nasabah menjelang libur Hari Raya Idul Fitri 1439 H. Namun begitu, pelayanan yang diberikan hanya dilakukan di kantor cabang secara terbatas.

Bank Mandiri misalnya yang membuka pelayanan di 323 kantor cabang di seluruh Indonesia. Terhitung sejak 11 Juni sampai 26 Juni 2018 atau selama 15 hari akan tetap buka. Hanya pada hari pertama Lebaran yaitu 15 Juni 2018 bank berlogo pita emas ini tutup.

Menurut Sekretaris Perusahaan Bank Mandiri Rohan Hafas, layanan perbankan secara terbatas yang akan diberikan seperti buka rekening, cek saldo, setor tunai, pemindahbukuan, dan pembayaran delivery order SPBU-SPBU ke Pertamina. “Untuk mengetahui cabang mana saja yang akan beroperasi di libur Lebaran, nasabah dapat melihat langsung di website Bank Mandiri atau menghubungi call center Bank Mandiri,” jelasnya beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, per tanggal 21 Juni 2018, seluruh kantor cabang Bank Mandiri sudah beroperasi secara menyeluruh. Selain kantor cabang, 17.000 mesin anjungan tunai mandiri (ATM) dan 250.000 mesin EDC milik Bank Mandiri dipastikan beroperasi sepenuhnya selama libur Lebaran.

Bank Mandiri sendiri sudah menyediakan uang tunai sebanyak Rp 57 triliun untuk keperluan nasabah selama Lebaran. Jumlah ini naik dari tahun lalu sekitar 20 persen. Sejak 22 Mei 2018, perseroan telah meningkatkan pasokan uang tunai hingga 90% dari kondisi normal, menjadi Rp 1,9 triliun per hari di seluruh kantor cabang dan mesin-mesin ATM guna mengantisipasi kenaikan kebutuhan uang tunai di bulan Ramadan, khususnya di jalur mudik. Kondisi ini akan berlangsung hingga usainya cuti bersama pada 20 Juni 2018.

"Kami berharap, kesiapan ini dapat membantu masyarakat, terutama nasabah Bank Mandiri dalam merayakan hari kemenangan dengan penuh suka cita bersama keluarga besar," katanya.

Uang elektronik juga terus ditingkatkan guna membantu transaksi non tunai nasabah saat libur Lebaran. Saat ini, lebih dari 14,3 juta kartu berlogo Mandiri e-money telah diterbitkan perseroan dengan channel pengisian ulang yang sangat terjangkau.

Bank lain yang juga mengadakan layanan terbatas yakni Bank Central Asia (BCA). Sekretaris Perusahaan BCA Jan Hendra mengatakan, pihaknya mengadakan layanan terbatas di 104 kantor cabang bank pada 11 dan 12 Juni, serta 131 cabang bank pada 19-20 Juni. Sedangkan sepanjang 13-18 Juni tidak beroperasi.

Secara rinci, kantor cabang bisa melayani semua transaksi kecuali valuta asing (valas), Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia (SKNBI) dan Real Time Gross Settlement (RTGS) pada 11-12 Juni. Sedangkan SKNBI dan RTGS baru bisa dilakukan kembali saat BI beroperasi terbatas pada 19 dan 20 Juni.

Meski begitu, ia menekankan masyarakat tetap bisa menggunakan berbagai channel elektronik untuk bertransaksi. “Semua e-channel ATM, mobile dan internet tetap jalan, termasuk call center HaloBCA tetap beroperasi,” kata dia kepada Katadata.co.id, pekan lalu. Adapun bank swasta terbesar di Indonesia tersebut menyediakan sekitar Rp 45,7 triliun untuk memenuhi kebutuhan uang tunai saat momen Lebaran.

Adapun Bank Negara Indonesia (BNI) juga memberikan layanan terbatas. Dalam siaran pers perusahaan, Direktur Bisnis Kecil dan Jaringan BNI Catur Budi Harto menjelaskan terdapat 70 outlet pada 11-14 Juni, 16 Juni, dan 18 Juni. Layanan yang diberikan yaitu setoran/penarikan Rekening BNI, setoran BBM, dan pemindahbukuan (dalam rupiah).

Sedangkan pada 19-20 Juni, terdapat 205 outlet yang beroperasi terbatas dengan layanan yang sama ditambah kliring dan RTGS. Di luar itu, BNI juga mengoperasikan kantor cabang digital (Digital Branch) pada 11-14 Juni, 16 Juni, dan 18-20 Juni. Layanan yang diberikan yaitu pembukaan rekening dan setoran tabungan melalui Cash Recycle Machine (CRM). (njs/kontan/dbs/foto:infoperbankan)

 


Back to Top