#KabarMudik

Urai Kemacetan Arus Balik, One Way Kini Diberlakukan dari Kertasari Tegal Sampai ke Cawang

gomuslim.co.id- Pemberlakukan rekayasa lalu lintas arus balik mudik dengan sistem satu arah (one way) mulai diberlakukan dari Tol Kertasari, Tegal, hingga ke Cawang, Jakarta. Sistem one way diberlakukan sepanjang 294 Km mengurai lonjakan kepadatan arus balik.

Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Irjen Royke Lumowa menuturkan rekayasa ini sudah dibuka (one way).

“Kepadatan masih terjadi di sejumlah titik termasuk jalur arteri seperti Pemalang dan Batang. Karena itu, sistem one way diberlakukan untuk mengurai lonjakan jumlah kendaraan pemudik yang kembali ke Jakarta,” terang Royke, Selasa (19/06/2018).

Namun, belum bisa dipastikan sampai kapan sistem ini akan dicabut. Pihaknya akan memberlakukannya hingga kondusif, kendaraan dari Jawa Tengah atau arah timur.

Royke berkaca dari diberlakukanya sistem one way beberapa hari yang lalu. Saat itu, sistem one way diberlakukan dari Palimanan hingga Cawang.

“Kemarin kendaraan baru terkuras pukul 06.00 WIB. Jam segitu kendaraan dari Jateng baru masuk Jakarta,” kata Royke.

Meski memperlancar arus balik, sistem one way ini berimbas di beberapa jalur arteri, seperti di beberapa jalan di Pantura.

“Jakarta di arteri buka tutup, dibagi-bagi ruas jalannya. Tetapi di arteri masih kategori aman, ada petugas yang mengatur,” tandas Royke.

Peningkatan arus balik menurut Royke sudah terjadi pada, Senin (18/06/2018) kemarin. Mengutip data Jasa Marga, tercatat ada 116 ribu kendaraan sudah masuk ke Jakarta pada hari ini atau H+3 lebaran.

Diprediksi puncak arus balik akan terjadi mulai 19 hingga 24 Juni berbarengan dengan habisnya masa libur sekolah. (nat/dbs/foto:kumparan)


Back to Top