Manjakan Wisatawan Muslim, Japan Airlines Segera Hadirkan Menu Washoku Halal

gomuslim.co.id- Jepang kian gencar mengembangkan wisata ramah muslim. Beragam fasilitas hadir untuk memanjakan wisatawan yang datang ke Negeri Sakura tersebut. Seperti baru-baru ini, Japan Airlines menyatakan sedang mempertimbangkan untuk menghadirkan Washoku halal.

Washoku adalah satu set lengkap makanan tradisional Jepang untuk penumpang kelas bisnis Japan Airlines (JAL). Pernyataan ini disampaikan langsung oleh Regional Manager JAL Indonesia, Motoharu Taki di Jakarta, baru-baru ini.

Taki menyebutkan, Washoku adalah salah satu ciri khas penerbangan kelas bisnis JAL. Penumpang akan mendapatkan satu set makanan tradisional Jepang beraneka menu dalam mangkuk-mangkuk kecil. Isinya berupa nasi, sayur, ikan, daging dan yang lainnya. Selain lezat dan bergizi, ini juga adalah makanan yang mewah dan berkelas.

JAL juga melihat meningkatnya jumlah traveler muslim di dunia, dan yang pergi ke Jepang. Jepang pun cukup sigap memberikan layanan dan fasilitas untuk muslim traveler dari sertifikat halal sampai tempat ibadah di destinasi wisata.

Dalam dunia penerbangan, JAL yang punya menu spesial Washoku untuk penumpang kelas bisnis, sedang memikirkan cara membuat versi halalnya. "Kami mencoba membuat Washoku halal. Aslinya kan pakai sake, kalau halal berarti tidak bisa pakai sake," katanya.

Menurutnya, Tim JAL masih melakukan pengembangan dan riset. “Bagaimana membuat Washoku tanpa sake, tapi rasanya harus sama dengan Washoku yang asli. Taki belum tahu kapan JAL sungguhan membuat Washoku halal. Mungkin di masa depan, kita bisa punya Washoku halal," jelasnya.

Sementara itu, Manajer JAL Indonesia Benny Herlian, terkait makanan halal secara umum di JAL, penumpang tidak perlu khawatir. Karena untuk penumpang kelas ekonomi sudah bisa memesan makanan halal. Hanya Washoku yang belum ada versi halalnya.

"Kalau halal food sudah ada buat penumpang kelas ekonomi. Saat memesan tiket pesawat, penumpang bisa memilih makanan halal jika diperlukan," ungkapnya (njs/detiktravel/foto:halalmediajapan)


Back to Top