Memaknai ‘Body Goals’ dari Hijaber Bertubuh Plus Size

gomuslim.co.id- Sejumlah produk kecantikan banyak yang menjual mimpi agar konsumen bisa meraih standar kecantikan yang diidamkan kebanyakan perempuan. Tubuh langsing, kulit putih, dan terlihat awet muda.

Namun, semakin banyak perempuan yang sepakat dengan standar tersebut, semakin banyak pula perempuan yang tidak merasa cantik. Adanya media sosial yang begitu mudah menampilkan perempuan bertubuh sempurna, tak jarang menelurkan rasa ketidakpercayaan diri bagi banyak orang.

Seperti yang dilansir dari blog pribadinya, seorang hijaber bertubuh plus size, Leah Vernon atau akrab disapa Leah V berbeda dengan perempuan kebanyakan, Leah V mencoba mendobrak pemikiran tentang 'body goals'. Dalam akun Instagramnya, ia sering mengunggah foto OOTD. Leah mencoba memperlihatkan kecintaannya terhadap diri sendiri.

Melalui blognya, ia mengutarakan perasaan sedih, menyesal, dan tidak mensyukuri tubuhnya kerap datang, tapi ia berusaha untuk menciptakan standar kecantikan berbeda.

"Aku mencoba mencintai tubuhku, dan belajar untuk lebih mencintainya setiap hari. Tapi ada hari-hari di mana aku terjebak dalam standar kecantikan yang tidak realistik. Kemudian aku mulai menyalahkan apa yang aku makan kemarin dan kegemukan hari ini," tulis Leah pada salah satu tulisan di blog pribadinya.

Namun, ia menyadari bahwa yang harus ia kalahkan adalah pemikirannya sendiri. Ketakutan akan pandangan orang lain terhadap diri kita yang terkadang menjadi sumber pemikiran negatif.

"Aku tidak pernah mem-posting foto-foto yang memperlihatkan selulitku. Karena tidak pernah ada model yang mempunya selulit di majalah. Selulit tidak normal, tapi setiap orang normal punya stretch mark dan selulit di beberapa bagian. Tapi mungkin tidak ada yang tahu karena mereka mengeditnya terlebih dahulu sebelum di-upload," tulisnya.

Menurut Leah, ketika kian banyak perempuan yang mengkhawatirkan akan ketidaksempurnaan. Takut terlihat gemuk, dan takut terlihat selulitnya. Maka, hal itulah yang harus diperangi oleh setiap perempuan.

“Setiap orang bisa menciptakan body goals sendiri. Saya sarankan agar kalian (perempuan) tidak terlalu percaya artikel tentang aturan berpakaian agar terlihat langsing atau cantik” tandasnya.

Dalam hal ini tidak ada aturan tentang pakaian apa yang terlarang. Sehingga, Leah menyarankan agar tidak terlalu berpatokan pada artikel yang membuatmu tidak mencintai diri sendiri.

“Banyak artikel yang menyuruhmu memakai baju tertentu agar dipuji orang lain. Pakai saja baju yang kamu mau, dan lihat apa yang kamu rasakan. Biarkan tubuhmu yang membimbingmu untuk memakai apapun yang kamu kamu," pungkas Leah. (nat/beautyandthemuse/dbs/foto:instagram/ivernon2000)


Back to Top