Gratiskan Penghafal Alquran, Kisah Tukang Bakso Ini Viral di Media Sosial

gomuslim.co.id- Baru-baru ini, sebuah postingan di akun Instagram milik @fayzamufyda, Selasa (10/07/2018) mengenai seorang penjual bakso menjadi viral di media sosial.  Bukan lantaran keunikan bakso yang dijualnya, melainkan karena adanya tulisan yang ditempel pada kaca gerobak dagangannya. 

Dua lembar kertas yang dilaminating dan ditempel di depan gerobak baksonya yang membuat tampilan penjual ini berbeda dengan lainnya. Di kertas tersebut tertulis,  "Hafal Al-Quran Gratis'.  Tulisan inilah yang membuat akun Ig fayzamufyda memposting gerobak bakso Cak RI yang berjualan di depan masjid Al Ikhlas yang beralamat di Bungurasih Timur RT 07 RW 01 Surabaya,  Jawa Timur. 

Melalui uraian singkat di akun instagram @fayzamufyda  diceritakan dirinya bersama seorang teman sedang menunggu taxi di depan masjid Al Ikhlas. Saat melihat gerobak bakso dengan tulisan "Hafal Al-quran Gratis," tersebut,  temannya iseng bertanya kepada  Cak Ri si penjual bakso. 

"Bang aku hafalnya surat Waqiah saja,  dapat apa? " tanyanya sambil bercanda dan dijawab Cak Ri,  begitu nama si penjual bakso ditulis akun @fayzamufyda.

"Boleh,  nanti dapat mie aja ya. Kalau buat anak-anak setiap hafal satu surat dapat satu pentol," ujar Cak Ri sembari mencarikan taxi bagi mereka. 

“Selang beberapa waktu,  taxi yang ditunggu datang. Kami pun mengucapkan terimakasih kepada Cak Ri sebelum menaiki taxi,” tulisnya.

Kemudian, sebelum berangkat,  sopir taxi tersebut memberikan tips kepada Cak Ri. Entah bernilai berapa,  tapi yang kami lihat setelah mendapatkan tips tersebut si penjual bakso langsung menghampiri kotak amal masjid. 

Uang tips yang didapatkannya tersebut,  langsung dimasukkan ke kotak amal masjid. "MasyaAllah semoga tetap istiqomah ya bang," tulis fayzamufyda yang juga menyatakan keharuannya. "Speechless... keikhlasan adalah jantung segala amal, ".

Kisah serupa juga pernah viral di medsos facebook mengenai penjual bakso Arema yang berjualan di pintu Alun-alun Selatan atau Alun-alun Kidul (Alkid) Solo.

Kisah yang dibagikan oleh akun Ariya Saputra NSR ini mendapat tanggapan ratusan komentar dan telah dibagikan berpuluh-puluh kali.  

Dalam postingannya, ia meminta doa kepada warganet agar jualan bakso dalam postingannya ia juga meminta doa dari netizen lain agar penjual bakso yang menggratiskan dagangannya untuk para penghafal Alquran dalam waktu selamanya kian lancar dalam mencari uang halal dan barokah. 

"Lur telur dongakne usahane mase dodol bakso lancar nggihh,,, masse ngajak apikk, ganteng sisan...nggo mang tumbasi baksone,,, pintu selatan alkid luurr telurr," tulis akun Ariya Saputra NSR.

Sama dengan penjual bakso di Surabaya,  di gerobak jualannya terpampang kertas berisi tulisan, "HAFAL AL-QUR'AN GRATIS SELAMANYA."

Apapun profesinya,  dua kisah penjual bakso tersebut bisa dijadikan contoh keteladanan hidup dalam mencari rezeki yang halal dan berkah. (nat/malangtimes/dbs/foto:instagram/fayzamufyda)

 


Back to Top