#KabarHaji

Miliki Teknologi Keamanan Terbesar, Arab Saudi Pecahkan Rekor Dunia pada Hackathon Haji

gomuslim.co.id- Arab Saudi membuat rekor dunia untuk pelaksanaan Hajj Hackathon. Perlombaan teknologi terbesar untuk keamanan cyber, pemrograman dan drone itu masuk dalam Guinness Book of Records.

Tak hanya melibatkan sektor haji, Hackathon juga termasuk makanan, minuman, kesehatan masyarakat, dan pengaturan akomodasi. Peserta yang terlibat pun bisa memberikan solusi pengelolaan limbah, perumahan dan komunikasi.

Seperti yang dilansir dari publikasi Arabnews, acara tersebut melibatkan peserta terbesar di dunia dengan 2950 orang yang berpartisipasi.

Penasihat Royal Court dan kepala Federasi Saudi untuk Keamanan Dunia Maya, Pemrograman dan Drones, Saud Al-Qahtani mengatakan rekor yang diberikan merupakan bentuk aspirasi yang telah diakui.

"Rekor untuk Kerajaan Arab Saudi dalam Guinness Book menyoroti aspirasi pemuda Saudi untuk negara mereka menjadi portal teknologi di kawasan itu," ujar Al-Qahtani, Jumat (03/08/2018).

Pemecah rekor Hackathon dengan 2.950 peserta menggeser rekor  sebelumnya yang dibuat India. Tahun 2012, India berhasil melibatkan 2.577 orang dalam pelaksanaan.

Penghargaab Hackathon pun diungkapkan sejalan dengan visi Arab Saudi untuk menuju tahun 2030. Negara tersebut memiliki tujuan untuk melakukan peningkatan di berbagai bidang, termasuk teknologi. Diharapkan dengan pemecahan rekor tersebut dapat menarik para pengembang dari berbagai negara masuk Arab Saudi dan negara-negara Teluk lainnya.

Penyerahan penghargaan dunia untuk Hajj Hackathon dilaksanakan pada Rabu (01/08/2018) pagi. Al-Qahtani menerima tanda rekor dari perwakilan penilaian Guinness Book of Records Ahmed Jabr. (nat/arabnews/dbs/foto: hajj)

 


Back to Top