#KabarHaji

Siap Tampung 4000 Kendaraan, Begini Persiapan Pusat Penerimaan Jemaah Haji Dunia di Makkah

gomuslim.co.id- Emir Makkah Pangeran Khaled Al-Faisal, yang juga ketua Komite Haji Pusat, telah memeriksa kompleks yang dibangun untuk menyambut para jamaah di sepanjang Jalan Tol Haramain.

Sebelumnya, seperti dilansir dalam al-Wathon (09/08/2018), Pangeran telah menyetujui desain kompleks, yang akan selesai tahun depan. Pusat ini sedang dibangun bersama oleh Kementerian Haji dan Umrah dan Otoritas untuk Pembangunan Mekkah di atas lahan seluas 448.000 meter persegi. Rencananya pusat ini akan menampung lebih dari 4.000 kendaraan dan akan memiliki delapan jalur untuk perjalanan ke Mekkah.

Selain itu, rencananya pusat ini akan memiliki kantor bagi instansi pemerintah dan perusahaan-perusahaan swasta yang mengurusi layanan haji dan akan menampung lebih dari 800 karyawan. Di kawasan ini pula akan dibangun sebuah masjid dengan plaza yang dapat menampung lebih dari 20.000 jamaah pada suatu waktu. Lebih dari itu, akan dibangun juga beberapa kawasan pemukiman dan berbagai kegunaan lainnya.

Menurut para pejabat yang bertanggung jawab atas pembangunan pusat ini, prosedur yang dilalui oleh jemaah akan selesai dalam hitungan tujuh menit saja sehingga mereka dapat melanjutkan ke Mekah dan tempat-tempat suci  lainnya tanpa ada kesulitan sama sekali.

Mohammed Saad Al-Qurashi, juru bicara dewan koordinasi perusahaan-perusahaan Haji setempat, mengatakan bahwa dewan telah mengontrak perusahaan jasa keamanan untuk menyediakan 4.500 penjaga keamanan, termasuk 1.000 wanita, untuk menjaga tenda para jemaah haji di Mina dan Arafat sepanjang waktu selama haji.

Dia mengatakan bahwa dewan juga akan memasang kamera pengintai untuk mengawasi tenda-tenda untuk menghindari adanya penyusupan dan pencurian. Di sisi lain, hampir 200.000 orang tanpa izin Haji di 90.000 kendaraan dikembalikan dari pos pemeriksaan polisi.

Selain itu, ada juga layanan ambulans Otoritas Bulan Sabit Merah Saudi telah menyelesaikan semua administrasi untuk memperluas layanan ambulans kepada para tamu Allah. Otoritas haji juga telah merekrut sebanyak 2.631 orang yang terdiri dari dokter, perawat, teknisi dan administrator untuk melayani para jamaah.

Dalam hal ini, kerajaan Saudi telah menyiapkan 69 ambulans center di Masjidil Haram, tempat suci Mina, Arafah dan Muzdalifah dan sepanjang jalan menuju ke tempat-tempat ini. Pihak berwenang telah menyiapkan 300 ambulan dengan ukuran berbeda untuk mengangkut para jamaah yang sakit ke rumah sakit. Pihak berwenang juga telah mendirikan 36 pusat ambulans di Makkah dan 21 pusat di Madinah, di samping 10 pusat lainnya di bandara dan di titik masuk perbatasan. (azs/dbs)

Penulis:

Abdul Aziz

Alumni S2 Linguistik UGM,

Peneliti di El-Bukhari Institute, dan Dosen Bahasa dan Sastra Inggris UNPAM


Back to Top