Cara Cerdas Jauh dari Penipuan Umrah

Dalam tiga bulan terakhir sejak Desember 2015, tercatat lebih 10 ribu calon jemaah umrah dari tanah air tidak dapat terbang ke tanah suci. Sebagian karena ketidakjelasan visa, tiket dan hotel di tanah suci dan yang terbanyak adalah gagal berangkat karena tertipu alias uang muka dibawa kabur oknum. Bagaimana memastikan travel umrah Anda itu terpecaya, berikut adalah panduan penentuannya.

Pastikan travel  wisata sudah memiliki legalitas yang jelas lengkap dan masih berlaku, seperti :

  1. Surat Izin Usaha Biro Perjalanan Umum
  2. Surat Izin Tetap Usaha Pariwisata
  3. Tanda Daftar Perusahaan
  4. NPWP Perusahaan
  5. Surat Keterangan Domisili Perusahaan
  6. SK Menkeh. Akta Pendirian Perusahaan
  7. SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh – sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Haji Khusus
  8. SK Depag. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh – sebagai penyelenggara perjalanan Ibadah Umroh
  9. Sertifikat Anggota Amphuri
  10. Sertifikat Lembaga Bisnis Syariah dari Dewan Syariah Nasional MUI
  11. Cukup banyak Tour & Travel / Biro penyelenggara Umroh dan Haji plus abal-abal yang tidak memiliki ijin resmi dan melayani pendaftaran umroh dan haji plus yang kemudian di sub-kan kepada Biro Penyelenggara Umroh & Haji Plus yang memiliki ijin resmi.

Pilihlah travel wisata umroh yang memiliki pengalaman dan jam terbang yang cukup atau dengan tingkat komplain yang wajar. Perhatikan pula hal-hal berikut ini :

  1. Semakin lama perusahaan tersebut berdiri, berarti perusahaan tersebut telah memiliki pengalaman yang cukup matang sebagai penyelenggara perjalanan umroh / haji plus
  2.  Semakin sering / rutin perusahaan tersebut memiliki jadwal pemberangkatan jamaah, berarti perusahaan memiliki kredibilitas dan kerjasama yang baik dengan instansi2 terkait (Dept. Imigrasi untuk urusan Pasport dan Visa, Dept. Kesehatan untuk urusan vaksin manginitis, Maskapai Penerbangan, Hotel, Catering, Transportasi dll) untuk memback-up jadwal pemberangkatan yang pasti
  3.  Semakin banyak jumlah jamaah yang berangkat, berarti tingkat kepercayaan jamaah pada perusahaan tersebut sudah sangat baik dan semua itu adalah kembali pada kepuasan pelayanan jamaah

Jangan tergiur dengan harga yang sangat murah, teliti harga yang ditawarkan apakah pantas atau tidak. Jika harga yang ditawarkan terlalu murah daripada harga pada umumnya, bisa jadi ada komponen biaya yang dikurangi antara lain :

  1. Akomodasi Pesawat yang digunakan
  2. Hotel tempat menginap
  3. Sarana transportasi / bus yang digunakan
  4. Menu Catering yang disediakan
  5. Tempat2 wisata ziarah / ibadah yang dikunjungi
  6. Pelayanan SDM di Tanah Suci

Pastikan kantornya jelas, kalau perlu dan harusnya kita datangi dulu kantornya sebelum mengambil keputusan untuk berangkat umroh.

Bila kantor perusahaan yang anda pilih jauh dari tempat tinggal anda, anda bisa meminta bantuan ‘saudara’ atau ‘kerabat’ yang dekat dengan lokasi perusahaan tersebut, sebagai wakil Anda

Penting Sebelum Transfer  Pembayaran Segala jenis transaksi pembayaran, hendaknya semua dilakukan dengan sistem transaksi pembayaran melalui jasa perbankan (transfer / debit rekening) atau seandainya Anda melakukan pembayaran secara tunai, hendaknya dilakukan langsung pada kasir perusahaan dengan mendapatkan bukti pembayaran beryupa Invoice Pembayaran dengan cap perusahaan.

Transfer dana dilakukan ke rekening atas nama perusahaan, hindari pembayaran ke rekening atas nama pribadi walaupun ”yang bersangkutan” adalah penangung-jawab perusahaan tersebut.  Dengan demikian, Anda tidak akan terjebak dalam penipuan umrah yang belakangan marak terjadi.


Komentar

    Tulis Komentar


Back to Top