Siap Haji-Umrah (2)

Menuju Bandara dan Selama Dalam Penerbangan

Jakarta, (gomuslim). Setelah segala sesuatunya selesai dari rumah dan siap menuju Bandara, calon jemaah haji atau umrah diharapkan menyiapkan hal-hal penting selama di Bandara. Berikut adalah panduan bagi jemaah yang sudah siap berangkat ke bandara.

 

Menuju Bandara

Lakukanlah pemberangkat menuju bandar lebih awal dari jadwal yang ditetapkan oleh travel umrah Anda. Apalagi jika letak tempat tinggal jauh dari bandara. Kejadian atau halangan yang bisa menghambat di perjalanan siapa yang bisa tahu. Tak ada yang dapat memastikan lancar atau tidaknya perjalanan Anda ke bandara. Karena itu lakukanlah keberangkatan lebih awal sebagai antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Enggak salah ‘kan jika Anda tiba lebih awal di spot area yang telah ditentukan travel Anda.

Kemudian sesampai di bandara perhatikan semua informasi yang terkait dengan rencana perjalanan Anda ke tanah suci. Temui segera kepala rombongan (tour leader) atau pihak yang ditugasi yang telah ditunjuk oleh travel sebagai koordinasi bahwa Anda telah hadir spot area. Kalau ada semacam daftar presensi, ajukan nama Anda serta anggota keluarga jika ada ke daftar hadir tersebut. Lakukan tahap persiapan akhir pemberangkatan seperti penyerahan koper/bag umrah, pengambilan paspor, ID card/gelang, atribut kafilah (jika ada), dan lain-lain. Lalu ikuti dan simak penjelasan travel mengenai kondisi dan kesiapan keberangkatan, mulai dari bandara keberangkatan hingga tiba di bandara Jeddah. Manfaatkan kesempatan dan fasilitas yang disediakan oleh travel maupun fasilitas lounge umrah yang disediakan oleh pihak bandara saat berada di sana.

 

Check In

Biasanya sebelum check in di terminal keberangkatan, semua dokumen yang diterima oleh jamaah maupun yang diserahkan oleh jamaah ke kepala rombongan (tour leader) sudah rampung, misalnya dokumen pasport, ID card dan lain sebagainya. Nah, pastikan Anda tidak melawatkan sesi ini. Check in biasanya dilakukan oleh kepala rombongan dan dibantu petugas terminal bandara. Saat itulah Anda sebenarnya sedang melakukan boarding, akan ada pemeriksaan dokumen imigrasi seperti pasport dan dokumen pendukung lainnya (jika diperlukan). Setelah dirasa selesai, baru Anda dipersilahkan menuju ruang tunggu keberangkatan. Lalu saat dipersilahkan memasuki kabin pesawat, cobalah lewat pintu pesawat yang jaraknya lebih dekat ke nomer kursi Anda. Oya, jangan sampai tertukar nomer kursi tempat duduk ya.

 

Masuk Pesawat

Saat hendak memasuki kabin pesawat, Anda akan disambut oleh awak kabin atau pramugari. Dia akan menyambut Anda dengan ramah dan meminta untuk menunjukkan nomer kursi Anda. Tunjukkan saja, jika Anda tidak tahu posisinya di sebelah mana, dia akan mengarahkan Anda pada nomer kursi yang telah tertera dalam dokumen penerbangan (flight document) Anda.

Saat Anda diberi dan diminta mengisi Arrival card (kartu kedatangan) oleh awak kabin atau pramugari, isilah dengan data diri yang benar dan secara lengkap. Jika Anda merasa ada kesulitan, atau tidak tahu, jangan segan bertanya kepada petugas tersebut, atau bertanya ke teman sebelah juga enggak apa-apa. Selama ia juga tidak mengahadapi persoalan sama seperti yang Anda hadapi.

 

Berdoa

Saat sudah duduk di kursi kabin pesawat, hadirkan kembali niat Anda untuk melakukan perjalan ke tanah suci ini hanya karena Allah, untuk Allah, dan kepada Allah. Selanjutnya berdoalah. Panjatkan doa safar yang sudah lazim dihafal dan dibaca oleh orang yang mau bepergian. Jika Anda punya doa tersendiri untuk perjalanan ini, panjatkan saja. Berdzikir di dalam kabin selama penerbangan akan sangat dianjurkan dan ini akan membawa ketentraman bagi Anda dan—insya Allah bagi penumpang yang lain.

 

Dalam Pesawat

Patuhi semua arahan dan peraturan selama di pesawat yang diberikan oleh awak kabin yang ditugaskan. Simak penjelasannya. Penggunaan toilet hanya dibolehkan saat pesawat telah mengudara. So, jangan coba-coba Anda menggunakan fasilitas ini saat pesawat belum tinggal landas. Fasilitas power supply untuk gadget atau ponsel sudah ada disediakan di saluran stopcontack aliran listrik di depan kursi Anda. Begitu juga fasilitas hiburan dari saluran video juga sudah terpasang di depan Anda. Anda tinggal memilih hiburan apa dari monitor depan Anda melalui touch screen atau tombol manual yang ada.

Jika Anda mau shalat, lakukan bersuci tayamum. Karena penggunaan air sangat dibatasi dalam selama penerbangan—dan kemungkinan tidak dibolehkan. Anda bisa shalat berjamaah dengan teman sederet kursi Anda atau shalat sendirian.


Komentar

    Tulis Komentar


Back to Top