Yuk Berkreasi dengan Hijab Buatan Sendiri!

gomuslim.co.id- Hijab di Indonesia kian menjadi gaya fashion semua lapisan wanita muslimah, mulai dari anak-anak sampai dewasa sudah tidak asing dengan hijab. Berbagai kegiatan yang dilakukan pun tidak menyurutkan wanita muslim mengenakan hijab, cukup dengan memadukan bahan, warna dan motif hijab sesuai dengan kondisi, seorang muslimah akan terlihat lebih anggun.

Wanita berhijab tentu sudah tidak asing lagi dengan hijab pashmina yang merupakan jenis hijab paling sering dikenakan oleh wanita. Karena modelnya yang simple dan mudah untuk mengkreasikan model pemakaiannya. Selain itu warnanya yang kalem biasanya membuat wanita seringkali memilih pashmina. Apalagi pashmina juga biasanya terbuat dari bahan yang adem sehingga memberikan kenyamanan bagi yang memakainya, meskipun dipakai berjam-jam. Apalagi pashmina sangat serasi jika disesuaikan dengan busana muslim wanita.

Jenis jilbab pashmina memang banyak dikenakan di kalangan hijabers sehingga tidak mengherankan jika saat ini sudah semakin banyak pashmina yang dijual di pasaran. Jika anda tertarik dengan jilbab pashmina dan ingin membelinya, maka sebaiknya anda memperhatikan sejumlah tips berikut ini:

  1. Bahan

Bahan pashmina yang digunakan tentunya sangat berpengaruh pada kenyamanan bagi yang mengenakannya. Jadi jika anda memang ingin memakai pashmina, sebaiknya pilihlah pashmina yang berbahan mudah menyerap keringat seperti sutra dan katun. Hindarilah pashmine dengan bahan organdi karena transaparan dan akanmemicu bau yang tidak sedap jika bercampur dengan keringat

  1. Motif

Jika anda ingin memakai pashmina bermotif, maka sebaiknya pakailah pashmina bermotif dengan baju yang polos. Jika anda ingin memadukannya dengan baju bermotif, maka anda bisa memilih motif yang tepat dan bergradasi warna dengan baju

  1. Ukuran

Hal penting yang harus anda perhatikan adalah ukuran pashmina. Jika anda memilih pashmina yang tidak tepat, maka akan mengurangi esensip enampilan anda. Pashmina yang terlalu panjang atau pendek tentunya akan membuat Anda merasa kurang percaya diri.

Bahan Pashmina

Pashmina sendiri biasanya terbuat dari berbagai jenis bahan. Akan tetapi, ada beberapa jenis bahan yang biasanya digunakan untuk pashmina seperti cerruti, satin, shyfon, katun, dan kaos.

  1. Bahan Cerruti

Bahan cerruti adalah bahan yang bagus digunakan untuk pashmina karena model bahannya jatuh dan dingin saat digunakan. Bahan cerutti cocok digunakan untuk penampilan cassual. Biasanya ukuran untuk bahan cerruti ini adalah 190cm x 75cm.

  1. Bahan Satin

Bahan satin memiliki bahan yang licin dan mengkilap. Bahan ini bagus untuk pashmina dan biasanya dapat anda kenakan untuk menghadiri acara formal. Pasalnya pashmina dengan bahan satin akan terlihat mewah dan glamor. Ukurannya pun sama seperti bahan cerruti maupun shyfon.

  1. Bahan Shyfon

Bahan jenis ini tidak jauh berbeda dengan cerruti, bedanya bahan ini lebih lembut. Bahan shyfon agak licin sehingga cukup sulit untuk dibentuk. Sehingga jka anda ingin mengenakan pashmina berbahan shyfon, anda harus terlebih dahulu memakai daleman hijab (ciput ninja) berbahan kaos.

  1. Bahan Kaos

Pashmina berbahan kaos biasa juga disebut shawl cotton. Pashmina berbahan kaos yang berkualitas yaitu yang tidak meral, ringan, tidak transparan dan adem saat dikenakan. Penggunaan bahan kaos cocok digunkan untuk kegiatan santai seperti ke kampus atau traveling.

  1. Bahan Katun

Pashmina berbahan katuns angat nyaman digunakan karena mudah dibentuk dan lebih dingin. Pashmina berbahan katun sangat cocok untuk kegiatan santai seperti traveling, dan bagi anda yang mulai berhijab bahan ini pas menjadi pilihan karena tekstur bahannya yang lebih mudah diatur. Selain itu, bahan katun ini juga cocok bagi anak-anak yang dipadukan dengan gamis anak. 

Langkah-Langkah Membuat Jilbab Pashmina Sendiri

  1. Tentukan bahan dan motif pashmina yang akan anda buat
  2. Ukur panjang dan lebar pashmina yang anda inginkan sesuai dengan kebutuhan, umumnya ukuran pashmina 190cm x 75cm
  3. Setelah anda menentukan kebutuhan pashmina yang diinginkan, pergilah ke toko bahan. Di sana anda akan mudah menemukan berbagai jenis bahan, untuk anda yang berdomisili  di wilayah Jakarta, direkomendasikan untuk mengunjungi Pasar Blok A Tanabang, Pasar Baru dan Pasar Jatinegara.
  4. Sebelum anda membeli bahan tanyakan terlebih dahulu berapa harga bahan per meternya, biasanya harga yang ditawarkan untuk jenis bahan cerruti dikenakan 25 ribu per meter dan bahan kaos 30 ribu permeter, anda dapat mempertimbangkan harga sesuai dengan jenis bahannya
  5. Setelah mendapatkan bahan pashmina yang diinginkan, pergilah ke tempat penjahit di sekitar pasar untuk menjahit tepian (neci) bahan agar lebih rapih dan tidak mudah brudul, biasanya harga yang ditawarkan untuk jasa neci sekitar 3 ribu sampai 5 ribu sesuai penjahit
  6. Kini jilbab pashmina buatan sendiri telah jadi dan siap digunakan untuk berbagai jenis kegiatan

Selamat berkreasi! (nat/dbs)

 

 

 


Back to Top