Panduan Series Amalan-Amalan di Bulan Ramadhan (3)

Ini Keutamaan Menyegerakan Berbuka Puasa

gomuslim.co.id- Saat adzan Magrib berkumandang, keceriaan pun muncul bagi mereka yang berpuasa. Tapi, terkadang saat berbuka puasa makanan tidak sehat justru yang kita konsumsi, alhasil tubuh menjadi tidak fit di bulan Ramadhan ini. Lalu, seperti apa keutamaan dari menyegerakan berbuka puasa itu sendiri dan makanan apa yang dianjurkan Rasulullah SAW. untuk menu berbuka puasa?

Hal yang dimaksud dengan definisi menyegerakan berbuka puasa adalah bukan berarti kita berbuka sebelum waktunya. Namun yang dimaksud adalah ketika matahari telah tenggelam atau ditandai dengan dikumandangkannya adzan Maghrib, maka segeralah berbuka. Dan tidak perlu sampai selesai adzan atau selesai shalat Maghrib.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda yang artinya :"Manusia akan senantiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka." (HR. Bukhari Muslim).

Berbuka puasa bisa dilakukan dengan melihat tenggelamnya matahari, atau berita terpercaya dari orang yang melihatnya, atau dengan mendengar adzan yang tepat waktu. Maka ketika itu boleh menyegerakan waktu berbuka puasa.

Menyegerakan berbuka adalah sunnah Rasulullah dan jika umat Islami menyegerakan berbuka berarti mereka tetap di atas sunnah Rasulullah Shallallahu'alaihi wasallam dan manhaj Salafus Shalih, dengan izin Allah mereka tidak akan tersesat.

Selain itu, Imam Nawani dalam kitabnya Riyadhus Shalihin mengungkapkan jika kita ingin mendapatkan cinta dan ridha Allah SWT, maka kita harus menyegerakan berbuka puasa sebagaimana dicontohkan Nabi Muhammad SAW.

''Selama kita mau mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW, kita akan selalu dalam kebaikan dan kebahagiaan,'' tulis Imam Nawawi dalam kitabnya.

Jika waktu Maghrib sudah tiba, umat Muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa diperintahkan untuk segera berbuka. Ini sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW yang bersumber dari Sahl bin Sa'ad RA.

Rasulullah SAW bersabda, ''Kaum Muslimin akan selalu dalam kebaikan, selama mereka menyegerakan berbuka puasa.'' Hadis riwayat Muttafaqun 'alaih.

Menurut Imam Nawawi, mengakhirkan makan sahur dan menyegerakan berbuka puasa, seperti yang dicontohkan Rasulullah SAW, adalah cara untuk menjauhkan diri dari ajaran puasa yang berlebihan. Sebab, puasa yang begitu akan memberatkan diri sendiri.

Imam Nawawi kemudian mengutip hadis Nabi Muhammad SAW yang bersumber dari Abu Hurairah yang berkata, Rasulullah SAW bersabda:

''Allah Yang Maha Perkasa dan Maha Agung berfirman, ''HambaKu yang paling Aku sukai adalah yang paling cepat berbuka puasa.'' (H.R. Muslim)

 

Selajutnya, beberapa amalan sunnah berbuka puasa sesuai tuntunan Islam dan Rasulullah SAW adalah sebagai berikut :

-Berbuka dengan sesuatu yang manis seperti kurma, tamr atau seteguk air.

-Sebelum makan berbuka, bacalah doa sebelum makan atau pun ucapkanlah ‘bismillah’ agar tambah barokah ketika berbuka.

-Berdo’a secara umum ketika berbuka.

-Memberi makan orang yang buka puasa.

-Mendoakan orang yang memberi makan untuk berbuka.

-Minum dengan tiga nafas dan membaca ‘bismillah’.

-Berdoa sesudah makan.

Tips Konsumsi Makanan Sehat Saat Puasa Ramadhan

Pada saat berbuka, awali buka puasa Anda dengan makanan atau minuman hangat dan manis. Tapi ingat, jangan mengkonsumsi minuman yang mengandung soda, karena dapat menimbulkan akibat buruk bagi perut Anda.

Jangan langsung minum air dingin atau es, sebaliknya biasakanlah berbuka dengan minuman yang hangat. Perut yang kosong bisa menjadi kembung, bila Anda langsung berbuka puasa dengan air dingin, karena asam lambung dalam tubuh kita akan terbentuk semakin banyak.

Kemudian beristirahatlah kurang lebih satu jam sebelum menyantap hidangan berbuka yang telah dihidangkan. Tujuannya untuk memberikan keseimbangan terlebih dahulu pada pencernaan kita. Ingat, jangan mengkonsumsi makanan berlebihan dan makanan asinan.

Berbuka puasa hendaknya dilakukan secara bertahap dan tidak terburu-buru agar lambung tidak "kaget". Dengan demikian kerja lambung tidak terlampau berat. Untuk meringankan kerja pencernaan, kunyah makanan dengan baik.

Selain memperbanyak makanan berserat dan makanan yang mengandung protein, sebaiknya kita  juga menyediakan jenis makanan yang mengandung vitamin dan mineral serta makanan tambahan agar tubuh tetap segar bugar sepanjang hari.

Vitamin yang penting dikonsumsi setiap hari adalah vitamin A, B, dan C. Tapi kalau kamu sudah makan buah berwarna kuning atau merah, sayur berwarna hijau tua, kacang-kacangan, maka tak perlu khawatir kekurangan vitamin tersebut.

Bagi penderita sakit lambung makanan yang sebaiknya dihindari adalah ketan, mie, daging berlemak, ikan dan daging yang diawetkan, sayuran mentah, sayuran berserat, minuman yang mengandung soda, dan bumbu yang tajam (cuka, cabai, asam). Jenis makanan tersebut bisa menimbulkan gas yang berpengaruh meningkatkan produksi asam lambung.

Bagi mereka yang berat badannya melebihi berat badan ideal, sebaiknya selama berpuasa pun tetap menghindari makanan yang tinggi kolesterolnya, misalnya lemak hewan, margarin, mentega. Selain itu, sebaiknya Anda menghindari makanan yang manis-manis, seperti dodol, sirup, cokelat, kue tar, es krim. Selain lebih banyak mengkonsumsi sayur, buah, dan daging tanpa lemak, pengolahan makanannya pun sebaiknya jangan digoreng.

Sedangkan, bagi mereka yang terlalu kurus, selama berpuasa sebaiknya menambah porsi susunya dan menghindari makanan yang sulit dicerna seperti sayuran berserat kasar, seperti daun singkong, daun pepaya.

Bagi mereka yang berusia lanjut, aturlah pola makan saat berbuka puasa juga secara bertahap. Makanlah jumlah yang lebih sedikit, namun dilakukan beberapa kali.

Ini 7 Pilihan Menu Baik untuk Berbuka Puasa

1. Kurma

Kurma merupakan menu wajib saat berbuka puasa. Sebaiknya tidak mengonsumsi makanan yang berta terlebih dahulu saat hendak berbuka puasa. Usahakan mengonsumsi makanan yang manis dan ringan, salah satunya adalah kurma.

Kurma memiliki banyak sekali manfaat yang baik untuk tubuh. Kurma mengandung banyak glukosa, fruktosa dan sukrosa dengan kandungan kalori yang rendah. Dengan kandungan gula alami tersebut, kurma dapat mengembalikan energy yang hilang selama berpuasa.

2. Madu

Madu mempunyai banyak sekali manfaat untuk tubuh jika di konsumsi. Madu mengandung antioksidan, vitamin, kalium, kalsium, zat besi, magnesium, sulfur dan mangan. Madu dapat melancarkan metabolisme dan juga mengatasi gangguan pencernaan.

Selain itu, kandungan glukosa dan fruktosa nya sangat mudah diserap tubuh sehingga dapat mengembalikan stamina dan energi yang hilang.

3. Air Putih

Saat berpuasa, tubuh akan mengalami dehidrasi yang dapat menyebabkan lelah, sakit kepala dan sulit berkonsentrasi.

Karena itu, sangat di anjurkan untuk langsung meminum air putih terlebih dahulu saat berbuka puasa, agar cairan dalam tubuh yang hilang kembali normal.

4. Buah-buahan Segar

Mengonsumsi buah segar saat berbuka puasa juga sangat di anjurkan, karena buah mudah dicerna oleh usus. Pilihlah buah yang mengandung banyak air seperti semangka, anggur dan lain-lain untuk mengatasi dehidrasi.

Selain itu, usahakan mengonsumsi buah yang kaya serat, seperti pisang dan pepaya  karena buah tersebut mudah dicerna dan dapat mengembalikan energi yang hilang.

5. Sayur-sayuran

Sayuran sangat cocok untuk makanan berbuka puasa karena sangat mudah dicerna oleh tubuh. Saat berpuasa, lambung beristirahat sehingga ukuran lambung mengecil dan enzim pencernaan dalam tubuh berkurang, itulah sebabnya perlu makan makanan yang mudah dicerna agar lambung tidak shock dan tidak bekerja terlalu keras.

Sayuran yang di rekomendasikan adalah sayuran hijau, karena mengandung banyak nutrisi seperti serat, protein, mineral, vitamin dan zat besi yang tentunya sangat berguna bagi tubuh.

6. Ikan

Ikan di konsumsi sebagai pendamping nasi saat berbuka puasa. Ikan mempunyai banyak sekali manfaat bagi tubuh, karena daging ikan mengandung protein, omega 3, antioksidan, vitamin D, vitamin B2 dan sejumlah mineral.

7. Telur

Telur sangat baik untuk menu berbuka puasa. Selain mudah dalam penyiapan dan penyajiannya, telur sangat mudah dicerna dan mengandung protein yang sangat tinggi. Karena dalam satu telur terkandung 6 gram protein dan 9 macam asam amino. *dari berbagai sumber: (rumasyo/alodokter/irul/dbs)

Wallahu A’lam Bishowaab.

 

 


Back to Top