Bisa Jadi Resolusi, Ini Enam Ide Bisnis Syariah yang Menguntungkan di Tahun 2018

gomuslim.co.id- Menyambut tahun baru 2018 tidak ada salahnya membuat resolusi baru dalam bidang bisnis, di samping menjadi pegawai atau masih menjalani studi, tidak ada salahnya jika Anda mencoba di bisnis halal yang dipredikasi akan naik daun di tahun depan.

Bahkan, Bank Indonesia (BI) mengakui bahwa potensi industri keuangan syariah di Indonesia cukup besar. Potensi industri halal dan keuangan syariah global diprediksi tembus USD 6,38 triliun di 2021.

Sementara itu, Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi mengatakan bahwa Indonesia berhasil menduduki peringkat ke 10 sebagai pemain dalam industri keuangan syariah global. Hanya saja, secara umum posisi Indonesia lebih mendominasi sebagai pasar bagi produk halal.

Berangkat dari peluang yang ada, potensi ekonomi syariah sangatlah besar. Hal ini menajdi sejalan dengan akan mulai diimplementasikannya UU No. 33 tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal pada tahun 2019.

Melihat potensi yang begitu besar, tidak ada salahnya jika Anda mulai mengembangkan industri halal dan keuangan syariah.

Berikut 6 rekomendasi bisnis halal yang bisa kamu terapkan di tahun 2018 hasil rangkuman gomuslim:


1. Bisnis Online

E-Commerce atau bisnis bisnis online di Indonesia bahkan dunia kian menjamur dan menjadi trend. Sebagian orang beralih ke online karena cenderung lebih mudah, beragam pilihan, biaya yang ditimbulkan lebih murah dibanding bisnis konvensional dan lebih efisien serta efektif.

Masyarakat Indonesia kian beralih ke bisnis online seperti onlineshop yang menjual beragarm keperluan rumah tangga, busana Muslim, hijab,  kuliner, dropshipping, reseller, atau menjual jasa seperti; tour and travel, video editing, blogger, youtuber, publisher, bisnis afiliasi, dan masih banyak lagi.

Namun, ada beberapa jenis bisnis yang kurang cocok dijalankan dengan online, sehingga memerlukan analisis sebelumnya serta berdasarkan minat dan kemampuan masing-masing orang.

2. Berjualan Kuliner atau Camilan Halal

Bisnis usaha makanan bersertifikat halal MUI juga menjadi salah satu peluang besar tahun depan. Saat ini masyarakat Muslim maupun non Muslim sudah cerdas memilih makanan yang bersertifikat halal, karena dinilai lebih menyehatkan bagi tubuh.

Naamun, untuk industri rumahan Anda perlu mempelajari usaha makanan/camilan apa yang mudah dilakukan di rumah dengan modal yang kecil. Berikut beberapa usaha makanan yang cocok dijalankan di rumah:

a. Bisnis Aneka Kue

Memulai usaha kue bisa dilakukan di rumah, seperti berjualan kue-kue camilan sarapan seperti; risoles, bakpao, brownies kukus, kue bolu, kue lapis, lumpia, donat, atau kue-kue basah. Jika rumah Anda strategis dengan jalan besar, Anda bisa memasang etalase di depan rumah untuk mendisplay aneka kue yang Anda buat sendiri.

Gencarkan pula promosi ke media sosial, kerabat terdekat, keluarga, dan tetangga. Selain itu manfaatkan momen-momen penting sebagai salah satu strrategi untuk mendobrak penjualan Anda, seperti momen tahun baru, lebaran, ulangtahun, atau bulan Ramadhan.

b. Bisnis Aneka Gorengan

Jajanan yang mudah dan murah salah satunya adalah gorengan. Hampir semua orang menyukai gorengan. Anda bisa mulai dengan berjualan aneka variasi dari pisang goreng, tahu goreng, tempe goreng, mendoan, bakwan, dan lainnya.

3. Bisnis Kerajinan Tangan

Jika Anda memiliki minat yang besar di bidang seni, krafting, dan  memiliki keahlian menjahit, atau menyulam. Anda bisa mencoba bisnis kerajinan tangan seperti; kalung macrame, tas dari kain perca, kartu ucapan, atau memanfaatkan koran atau kemasan plastik bekas menjadi barang-barang bernilai seni.

4. Bisnis Pulsa Elektrik

Saat ini pulsa bukan lagi menjadi kebutuhan tersier (pelengkap). Semua orang membutuhkan pulsa untuk berkomunikasi dan berjejaring di media sosial.

Namun bagi sebagian orang yang sibuk bekerja di lapangan, sering kali kesulitan menemukan toko pulsa. Ini menjadi peluang bagi Anda yang masih kuliah atau ibu rumah tangga untuk berjualan pulsa elektrik atau membuka counter pulsa di rumah. Jika Anda menjalankannya dengan konsisten keuntungan yang didapat terbilang lumayan besar dan modal yang dikeluarkan relatif rendah.

5. Usaha Laundry

Jika Anda memiliki rumah yang strategis dengan lingkungan kampus, kost-kostan, atau pinggir jalan raya, Anda bisa memulai bisnis laundry rumahan.

Saat ini ada banyak franchise laundry yang bisa Anda beli dengan paket tertentu, sehingga memudahkan Anda dalam menjalankan usaha karena sistem dan SOP sudah diatur oleh pusat. Sehingga Anda cukup menjalankannya sesuai prosedur dan mendapat keuntungan yang lumayan besar.

6. Jasa Tour and Travel Haji Umroh

Minat masyarakat Indonesia untuk beribadah ke tanah suci kian bertambah setiap tahunnya. Kemudahan menjadi agen tour and travel haji umroh juga sudah mulai banyak dan mudah dijalankan. Anda cukup mengikuti training yang diadakan pusat dan mencari jemaah. Keuntungan yang didapat juga lumayan besar.

Bahkan ada beberapa cabang yang memberikan penawaran gratis berangkat haji atau umroh untuk agen-agennya yang berprestasi dan mencapai penjualan tinggi pertahunnya. Selain menguntungkan secara finansial, berbisnis jasa tour and travel haji umroh juga menjadi ladang ibadah karena memudahkan jemaah menuju tanah suci.


Back to Top