Ini Lima Rekomendasi Hotel Syariah di Kota Kembang

 

gomuslim.co.id- Kota Bandung masih menjadi primadona tujuan wisatawan Jabodetabek menghabiskan wakru di akhir pekan. Ada banyak wisata alam terbaru dan wisata kuliner yang selalu berinovasi dan menjadi tempat hits anak muda belakangan ini. Sebut saja Maribaya, perkebunan teh Patuahwattee, Glamping Lakeside dan masih banyak lagi.

Jika musim liburan panjang tiba, bagi sebagian keluarga bermalam di Kota Bandung adalah pilihan yang tepat untuk memaksimalkan liburan. Kini, keluarga Muslim tidak perlu khawatir mengenai tempat tinggal yang mengusung konsep Islami. Pasalnya Kota Bandung sudah menyediakan hotel syariah ramah Muslim.

Hotel-hotel syariah memiliki standar khusus dibanding hotel konvensional, di antaranya;

  • Hotel syariah hanya memperbolehkan pasagan suami istri yang sah untuk dapat menginap bersama dalam satu kamar, dibuktikan dengan menunjukkan buku nikah atau kartu keluarga.
  • Hotel syariah tentunya harus menyediakan hanya makanan yang halal, dibuktikan dengan sertifikat halal dari MUI.
  • Fasilitas lainnya adalah adanya penunjuk arah kiblat di setiap kamar, dan adanya mushola di area hotel.
  • Khusus bulan suci Ramadhan, perlu diperhatikan pula apakah hotel syariah menyediakan prasmanan untuk sahur layaknya untuk sarapan di hotel konvensional.

Berikut lima rekomendasi Hotel Syariah di Bandung yang sudah dirangkum oleh gomuslim :  

1. Daarul Jannah Cottage

Alamat: Jalan Gegerkalong Girang no.67 Kompleks Pondok Pesantren Daarut-Tauhiid, Bandung.

Harga: Mulai dari Rp 250.000/malam

Hotel syariah di Bandung yang satu ini tidak diragukan lagi nuansa Islamnya. Bagaimana tidak, Cottage rasa hotel ini terletak di Kawasan pondok pesantren Daarut Tauhiid yang dikelola oleh KH. Abdullah Gymnastiar atau yang akrab disapa dengan Aa Gym.

Jadi sudah pasti segala konsep syariah ada. Untuk mengikuti pengajiannya cukup berjalan kaki ke masjid DT. Ada pula supermarket syariah, dan beberapa toko busana Muslim. Suasana cottage terasa khidmat, di depan kamar terhampar taman rumput dan bunga, dilengkapi tempat duduk untuk bersantai. Sesuai namanya, “Jannah” yang berarti surga, cottage ini ingin pengunjungnya merasakan Daarul Jannah bagai surga bagi keluarga mereka.

2. Lingga Hotel

Alamat: Jalan Soekarno Hatta no.464 Bandung

Harga Kamar: Mulai dari Rp 375.000/malam

Sesuai dengan tagline dari Lingga Hotel “For anyone who desires Moslem Atmosphere”, Lingga Hotel mengusung nuansa Islami di hotelnya. Tentu ada peraturan yang hanya memperbolehkan pasangan yang sudah muhrim untuk menginap bersama. Lingga Hotel ini sangat cocok untuk keluarga, karena dilengkapi fasilitas kolam renang dan tempat bermain untuk anak. Keistimewaan dari Lingga Hotel adalah tersedianya Ballroom yang sering digunakan untuk pernikahan bernuansa Islami, dan tersedia pula paket untuk meeting. Tersedia beberapa jenis kamar dengan pilihan single bed, double bed, twin double bed.

3. Ruby Hotel Syariah

Alamat: Jalan Dr. Rubini no.4 Pasirkaliki (Sayap Istana Plaza), Bandung.

Harga: Mulai dari Rp 400.000/malam

Hotel bernuansa Islami berbintang dua ini mengutamakan kenyamanan bagi keluarga. Dilengkapi dengan fasilitas Roof Café yang tentunya hanya menyediakan makanan halal. Kamar di hotel Ruby Syariah memiliki koneksi internet Wi-Fi.

Menariknya, pemandangan kota siap dinikmati melalui jendela kamar Anda. Review dari pelanggan yang memilih hotel ini adalah karena kenyamanan, keramahan pelayanan, dan konsep syariah yang memang benar terasa. Anda bisa memilih tipe kamar Standar dengan dua kasur single, tipe Deluxe dengan luas kamar 24 m2, tipe Royal dengan satu double bed, atau tipe Suite yang dilengkap dengan sofa dan bathtub. Pada setiap kamar, disediakan perlengkapan shalat dan Alquran.

4. Narapati Indah Syariah Boutique Hotel & Convention

Alamat: Jalan Pelajar Pejuang 45, No.31-35, Bandung

Harga: Mulai dari Rp 425.000/malam

Narapati Indah adalah hotel berstandar Syariah yang menawarkan kehangatan rumah, namun dengan kemasan mewah yang memanjakan pengunjung. Hotel bernuansa Islami ini dilengkapi dengan fasilitas seperti Ballroom, Business Center, Library Lounge, dan Conference Room. Jumlah kamar di hotel ini cukup banyak, yaitu 60 kamar. Suasana khas Timur sangat terasa di jenis kamar Royale Narapati Suite yang bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 1.275.000 per malam plus sarapan untuk dua orang. Sama seperti hotel syariah lainnya, hanya pasangan suami istri yang bisa menginap bersama di hotel ini. Sedangkan, tamu nonmuhrim bisa diterima di lobby bersama.

5. Orange Home’s Syariah

Alamat: Jalan Babakan Jeruk 1 no.76, Bandung

Harga: Mulai dari Rp 220.000/malam

Keunggulan dari hotel bernuansa Islami ini adalah harganya yang terjangkau. Meskipun kamarnya sederhana dan fasilitas tidak selengkap hotel lainnya, hotel Orange Home menawarkan jaminan layanan ramah dan memuaskan pelanggan. Kesederhanaan kamarnya sebatas di desain yang biasa saja, tapi fasilitas kamar terbilang memadai. Fasilitas per kamar adalah extra bed, AC, air panas, TV, dan internet Wi-Fi.

Salah satu keunggulan Orange Home’s Syariah, karena hotel ini jaraknya kurang dari 1 KM dari pusat perbelanjaan Bandung Trade Center. (nat/dbs/fot:pegipegi/ist)

 


Back to Top