Labbaik, Sahabat Jemaah Haji dan Umrah

Kini kemajuan teknologi informasi dapat diarahkan sebagai media informasi bagi jemaah haji, kalau dulu mungkin saja jemaah harus membawa sebundel buku tentang doa-doa saat berhaji atau umrah, namun kini anak bangsa telah melakukan langkah inisiatif untuk membuat program aplikasi pengganti dari buku doa-doa haji.

Labbaik adalah aplikasi berisi informasi mengenai tata cara pelaksanaan ibadah haji dan umrah. Aplikasi dikembangkan oleh AMPlified Digital Media Production, tujuannya adalah untuk mempermudah jemaah haji atau umrah dalam melaksanakan ibadah di Tanah Suci. "Aplikasi Labbaik juga dilengkapi dengan kumpulan doa dan terjemahan," Director AMPlified Mala Widiyanto.

Aplikasi ini dibuat dengan penampilan sederhana sehingga memudahkan para penggunanya. Menurut Mala ide pembuatan aplikasi Labbaik berawal dari cerita seorang kerabatnya yang menghadapi banyak hambatan saat menjalankan ibadah haji dan umrah. Salah satu kendala yang sering dihadapi jamaah haji dan umrah adalah mencari doa di buku panduan pribadi. Mala pun mengungkapkan bahwa jemaah terkadang merasa kesulitan jika harus membolak-balik halaman buku hanya untuk mencari doa saat melaksanakan ibadah haji.

jtkui

"Buku panduan pribadi cara lama, bayangkan betapa susahnya mebolak-balikan halaman mencari doa-doa di tengah jutaan jamaah. Terkadang jamaah haji kurang bisa mendengar panduan dari muthawif (pemandu), kekusyukan menjadi terganggu," ujar Mala.

Saat ini aplikasi Labbaik dapat diunduh di  Appstore dan Playstore seharga USD 4.99 atau sekitar Rp 68 ribu rupiah. Aplikasi ini berisi:

  1. Doa haji dan umrah, mulai berangkat dari rumah sampai tiba di rumah kembali;
  2. Doa tawaf dan sai;
  3. Doa ziarah di Madinah dan Al-Aqsa;
  4. Tersedia 65 doa terkait ibadah haji dan umrah;
  5. Detail doa ditulis dengan huruf arab, transliterasi dan terjemahan;
  6. Audio yang pelafalannya dipotong-potong sehingga mudah untuk diikuti dan ditirukan.

Audio pelafan doa dapat dikontrol kecepatannya oleh pengguna Labbaik, sehingga bagi anda yang belum bisa membaca tulisan Arab maka dapat mengikuti pelafalan doa sesuai dengan tempo kecepatan yang diinginkan. Sehingga seolah-olah pengguna memiliki Muthawif pribadi yang dapat memandunya dengan perlahan dan fasih.

Labbaik pun memiliki fitur-fitur yang sangat membantu jemaah haji seperti:

  1. Pengaturan ukuran teks dengan menyentuhkan 2 jari kelayar;
  2. Fitur untuk memajukan dan memundurkan audio doa;
  3. Fitur catatan doa untuk menyimpan titipan doa dari kerabat;
  4. Tampilan yang mudah dipahami dan dioperasikan.

Dengan mengunduh dan memaca konten di Labbaik maka anda akan dapat merasakan manfaatnya memperoleh informasi hanya dalam genggaman tangan. (fh) 


Komentar

    Tulis Komentar


Back to Top