Pronas Corned Beef

Olahan Daging Sapi Halal dari Pulau Bali

Bagi anda penyuka kornet sapi, tampaknya sudah tak asing dengan merek kornet yang satu ini. Pronas Corned Beef adalah pelopor daging giling yang diawetkan dan dipasarkan di Indonesia. Kemasannya yang sederhana mudah dibuka dan disajikan, terlebih jika diolah menjadi aneka ragam bentuk makanan lainnya. Pronas merupakan pelopor makanan kaleng yang dikonsumsi sampai saat ini oleh keluarga Indonesia. 

Sejatinya kornet merupakan daging sapi giling yang diawetkan dalam air garam kemudian dimasak dengan cara direbus. Daging yang digunakan biasanya terbuat dari bagian yang mengandung serat memanjang seperti paha atas, itupun harus memperhatikan teksturnya untuk menghasilkan cita rasa yang baik.

Dalam sejarahnya kornet adalah konsumsi untuk perbekalan angkatan  laut Jepang dalam perang Asia-Pasifik melawan sekutu. Namun kini ternyata cornet tidak hanya dikonsumsi oleh militer yang pergi berperang, namun masyarakat sipil pun banyak yang menyukai olahan daging giling ini.

Pabrik kornet bermerek Pronas bukanlah terdapat di suatu daerah yang mayoritas Muslim, pabrik ini terletak di Jalan Diponegoro 101 Denpasar, Bali yang mayoritas dihuni oleh penduduk beragama Hindu. Namun meskipun demikian, Sejak 1987 masyarakat Indonesia mulai memperhatikan kehalalan produk yang dikemas khususnya produk makanan apalagi olahan daging.

Karena itulah maka Pronas sebagai pelopor makanan kaleng khususnya ikan dan daging,  fokus pada sistem kehalalan produk olahan daging sapi dan ikan yang diproduksi dan dipasarkan di Nusantara.

Sapi yang dijadikan sebagai bahan baku kornet di sembelih dengan sistem pemotongan hewan yang dilakukan di Rumah Potong Hewan (RPH) Pemda Kodya Denpasar , RPH ini dinyatakan telah menerapkan proses pemotongan hewan secara halal. Dengan demikian konsumen tidak perlu  khawatir untuk mengonsumsi Pronas Corned Beef, apalagi produk ini telah mendapatkan sertifikasi halal dari MUI pada 1995 dan dari Komisi Fatwa MUI pada 2000.

Daging yang diolah  menjadi kornet dalam Pronas Corned Beef dikemas dengan kemasan yang mudah dibuka  oleh ukuran  volume  kornet yang dikemas terdiri dari dua ukuran, yakni 198 gram dan 340 gram, membuat Pronas Corned Beef dapat disesuaikan dengan kebutuhan memasak. 

Keunggulan Pronas Corned Beef dengan yang lainnya adalah, kornet sapi ini tidak dicampur dengan tepung seperti kornet lainnya, dan tidak seperti bubur daging karena tekstur dagingnnya masih terasa. Kornet ini dapat anda olah sendiri menjadi aneka masakan sesuai dengan selera anda. Jika anda penyuka kornet, maka produk yang satu ini dapat dijadikan sebagai menu santap sahur anda karena tergolong higienis, praktis yang jauh lebih penting dari itu semua adalah kehalalan Pronas Corned Beef.

Kini Pronas Corned Beef memiliki lima rasa yakni, Corned Beef Classic In Sachet, Corned Beef Classic, Corned Beef Chili Pronas, Corned Beef Pronas, Kornetku. Bagi anda penyuka rasa pedas maka Corned Beef Chili Pronas sangat cocok untuk anda konsumsi. Selain daripada itu untuk mendapatkan Pronas Corned Beef anda tidak perlu repot mencarinya karena sudah banyak tersedia di toko-toko bahan pangan, mini market  atau swalayan di seluruh  Indonesia.  (fh)


Back to Top