Scan Halal: Aplikasi untuk Temukan Produk Halal

gomuslim.co.id– Untuk mengetahui produk halal seperti, makanan, minuman dan perlengkapan bayi memang terkadang sulit.  Banyak produk yang disertai dengan label halal, namun banyak juga yang tidak atau belum memiliki label tersebut.
 
Untuk di Indonesia, sebagai negara dengan mayoritas penduduknya beragama muslim memang cukup mudah menemukan produk yang bersertifikat halal. Namun, bagaimana dengan di negara lain? Sebetulnya terdapat beberapa cara untuk menemukan produk halal di luar negeri. Semisal berkunjung ke restoran yang menyjikan produk halal, atau mencari swalayan yang menjual produk halal, atau dengan cara membawa produk halal dari negara asal seperti mie instan, sereal ataupun kopi dalam bentuk sachet.
 
Selain dua cara tersebut, terdapat sebuah aplikasi untuk pengguna smatphone android untuk mempermudah mereka dalam menemukan produk halal, yakni dengan menggunakan aplikasi scan halal. Aplikasi yang cukup unik ini dikembangkan oleh perusahaan developer software bernama Ummah Labs & Co. Ummah Labs sendiri merupakan sebuah perusahaan teknologi start-up.
 
Mereka menyediakan solusi end-to-end yang mencakup berbagai aplikasi perangkat lunak berbasis mobile dan web, yang bertujuan untuk membantu pengguna akhir dalam menghadapi tantangan pembangunan dan globalisasi yang ditimbulkan oleh data visualisasi intensif. Perusahaan mereka juga tengah mencari developer yang dapat multitask pada berbagai proyek perangkat lunak serta aplikasi milik mereka. Alasan pembuatan aplikasi ini, pihak Ummah Labs berujar bahwa saat ini mencari produk halal tidaklah mudah, karena semakin  banyak produk impor yang bermunculan di setiap negara. Hal inilah yang mendasari mereka untuk menciptakan sebuah aplikasi yang dapat membantu masyarakat umum.
 
“Saat ini cukup sulit untuk mengetahui bahan-bahan yang terkandung dalam setiap produk makanan, apakah itu halal atau tidak. Berangkat dari hal tersebut, tim kami mencoba menciptakan aplikasi berdasarkan data dari para masyarakat yang mengirimkan ratusan nama produk tiap hari dan mulai mencari tahu apakah ini produk halal atau tidak,” jelas Developer aplikasi ini.
 
Lebih lanjut, setelah menapatkan input tentang berbagai produk yang ada di pasaran, mereka memverifikasi produk tersebut dan menghubungi perusahaan pembuat produk untuk mengetahui apakah ini halal atau tidak, setelah itu data tersebut dissalurkan ke website mereka untuk didistribusikan ke aplikasi Scan Halal.
 
Sementara itu, untuk interface sendiri, aplikasi Scan Halal memiliki beberapa fitur. Fitur pertama, pengguna akan diminta untuk memilih salah satu opsi, yang sesuai dengan keinginan mereka dalam hal filter bahan makanan. Pilihan tersebut adalah apakah mereka vegetarian, bukan vegetarian dan advanced, yakni pilihan tingkat lanjut yang menjadikan konsumen bisa memilih sendiri bahan yang menurut merekaa tidak boleh dan boleh. Kemudian, setelah itu pengguna juga diminta untuk memilih, apakah melakukan scanning pada barcode produk, atau mengetik nama produk secara manuat untuk mengetahui apakah produk tersebut halal. Terakhir, pengguna akan mendapatkan informasi perihal produk tersebut, apakah halal atau tidak. Berikut fitur lengkapnya:
 
Dietary Concideration
 
Pada fitur ini, penguna diminta memilih tiga opsi yakni Zabiha, non zabiha dan custom yang tentunya sesuai dengan kecenderungan aktvitas diet pengguna. Zabiha sendiri adalah pilihan untuk pengguna yang juuga seorang vegetarian, dengan Zabiha, aplikasi ini akan memfilter makanan yang mengandung daging hewan dan juga alkohol. Sementara untuk Non Zabiha, adalah pilihan untuk pengguna yang bisa memakan daging. aplikasi akan memfilter makanan yang mengandung alkohol dan daging babi. Sedangkan Custom, adalah pilihan untukmereka yang hendak mengkustomisasi filter yang ada pada aplikasi.
 
 
SCAN/Type

Untuk fitur ini, pengguna nantinya memiliki dua opsi untuk mengetahui produk yang ada di swalayan itu halal atau haram, ada dua opsi yang disediakan pada fitur ini. yang pertama melalui scan barcode pada sensor kamera smartphone pengguna atau mengetikkan merek produk secara manual pada type bar yang disediakan. pada fitur ini, juga terdapat berbagai produk makanan yang tengah naik daun, pengguna bisa langsung meilih salah satu produk untuk diketahui komposisi dan kehalalan produk tadi.
 
Aplikasi Scan Halal sendiri telah tersedia di playstore untuk pengguna android dan app store untuk pengguna iOS. Untuk Android sendiri, sampai dengan saat ini Scan Halal telah berhasil diunduh di lebih dari 500 ribu pengguna dengan rating bintang 4. Berikut adalah deretan link untuk mengunduh aplikasi ini berdasarkan platform smartphone pengguna.
 
Google Play
 
 
AppStore/iOs
 
 
Website
 
 
Developer
Ummah Labs & Co
 
Email support@scanhalal.com
9944 S Roberts
Rd Palos Hills, IL 60465 Suite 201
 
 

Back to Top