Pop Kaftan: Perpaduan Busana Muslim dan Kain Songket yang Elegan

gomuslim.co.id- Industri Halal saat ini tengah berkembang, bukan hanya di negara-negara Arab, fenomena ini juga menular ke ebrbagai negara di dunia, tidak terkecuali benua Eropa dan Amerika. Produk halal sendiri, tidak hanya sekadar produk makanan dan minuman semata, melainkan produk obat-obatan, kecantikan dan kosmetik, hingga fashion halal yang saat ini sedang naik daun seiring dengan inovasi busana muslim dan hijabnya yang tengah digandrungi oleh para wanita di seluruh belahan dunia.

Tidak ketinggalan, di Tanah Air sendiri industri halal benar-benar sedang di garap secara serius. Mulai dai makanan sampai dengan fashion yang berpotensi menghasilkan pendapatan hingga 10 miliar USD. Pemerintah sendiri juga tengah berusaha untuk menjadikan Indonesia sebagai Halal Hub Global, dengan melihat banyaknya potensi dari industri halal Tanah Air.

Khusus untuk fashion sendiri, sudah terdapat banyak desainer-desainer muslim Indonesia yang menelurkan busana muslim terbaik dan banyak dimiati masyarakat lokal maupun internasional, mulai dari menjaulnya secara offline, online, ataupun menggabungkan keduanya melalui channel Online to Offline (O2O).

Produk pakaian muslim di Tanah Air juga banyak dihasilkan oleh para pelaku UKM Indonesia, dngan beragam desain dan bahan yang unik, produk tersebut pun mampu bersaing dengan merek ternama di negari ini.

Salah satunya adalah produk dari salah satu UKM yang bernama Chandrakirana, salah satu keunikan dan inovasi dari UKM ini adalah mereka berhasil menelurkan berbagai produk fashion khususnya busana muslim yang berasal dari kaen songket.

Menurut Owner toko tersebut, yakni Khelaswara Chandrakirana menuturkan bahwa alasan mereka memasarkan produk busana muslim dari kaen songket adalah ingin lebih mengenalkan songet ke khalayak ramai, khususnya para hijaber Indonesia. Pasalnya, pakaian muslim yang biasa dignakan oleh masyarakat Indonesia adalah muslimah yang berbahan kaos, chiffon, katun, payet atau manik-manik. Ia juga menuturkan bahwa biasanya songket digunakan untuk acara-acara formal dan tujuan dihadirkan busana muslim dengan berbahan dasar songket adalah untuk menjadikan songket sebagai pakaian sehari-hari para muslimah Indonesia.

“orang-orang biasanya memakai songket hanya untuk acara-acara tertentu saja, bahkan ada yang hanya mengkoleksi songket, tanpa dipakai sama skali, dengan adanya produk-produk baju muslimah dalam songket ini, membuat orang senang dan bangga memakai songket.” Ujar Khelaswara.

Produk unggulan mereka yang menjadi produk dengan tingkat penjualan dan permintaan terbanyak adalah Pop Kaftan. Busana muslim ini merupakan pakaian yang berbahan dasar songket, dengan blus kaftan pendek & celana full songket. Pakaian ini tentunya menjadi pakaian outer bagi para hijaber agar terlihat anggun dan glamour tanpa perlu megumbar aurat.

“Produk kami ini insya Allah membuat 'mindset' orang agar lebih terbuka lagi, dengan mengenakan pakaian yang glamour tapi tetap berbusana muslim dengan aturan-aturan yang dianjurkan dalam agama. Seperti, panjang busana harus menutupi kaki, tidak boleh ketat, dan tidak boleh tembus pandang,” tuturnya saat dihubungi oleh tim gomuslim.


Sementara itu, berbicara mengenai permintaan sendiri, biasanya permintaan untuk pakaian ini berasal dari kalangan ibu-ibu, yang berusia 27 tahun ke atas. Sedangkan untuk desain, Khelaswara menjelaskan bahwa desain dari busana muslim ini tidak terlalu rumit, karena songket itu pada dasarnya sudah mewah, antik dan berkesan mahal. Desain dari produk ini sendiri juga terinspirasi dari kota Palrmbang yang sering Ia kunjungi.

“Jadi kita ga perlu nambah detail-detil lain. Tinggal penempatannya aja dan pemakaian jenis bahan yg adem dan nyaman bagi penggguna,”

Khelaswara juga tidak lupa memperhitungkan unsur keislaman yang ada pada produk tersebut, karena mereka memproduksi busana-busana muslim, yang sesuai dengan syariat agama Islam.

Lebih lanjut, mengenai harga dan channel distribusi, Khelaswara membanderol produk anggun ini dengan harga sebesar Rp.1.300.000,- dan pengguna bisa mendapatkannya dengan mengunjungi outlet Chandrakirana yang terletak di Ruko City Home Blok H no.29A, Kelapa Gading, Jakarta Utara. Pengguna juga dapat menghubungi nomor telepon di (021) 4586 9959 – 69 atau bisa juga melalui pesan singkat whatsapp di nomor 0853 1950 0990, pengguna juga bisa menghubungi via surat elektronik di vindabuswir69@gmail.com. (ari) 


Back to Top