‘Tayamum Pad’, Fasilitas Ramah Pasien Muslim di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang

gomuslim.co.id- Salah satu rumah sakit yang menerapkan konsep syariah adalah Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Agung yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Berawal dari “Health Center” pada 17 Agustus 1971, RSI Sultan Agung memulai pengabdiannya di bidang rumah sakit berkonsep ramah Muslim.

RSI juga memberikan pelayanan sepenuh hati dalam bingkai syariat Islam, RSI Sultan Agung hadir dan bergerak mengikuti dinamika perubahan zaman. Dengan semangat mencintai Allah, menyayangi sesama, selamat menyelamatkan RSI Sultan Agung kini berupaya mengokohkan pengabdiannya dengan mengembangkan pelayanan “Multi Center of Excellence”.

Pusat berbagai ragam pelayanan unggulan RSI Sultan Agung Semarang antara lain; Cardiac Center, Eye Center, Rehabilitasi Medik Center, Stroke Center, Onkologi Center, Geriatri Center, Lasic Center, Urology Center, Pain Center, Ent Center, Skin Center, Fertility Center, Medical Rehabilitation Center, Integrated Clinic of Specialist Oncology Center, Dental Center, Diabetic Center, dan layanan unggulan lainnya.

RSI Sultan Agung Semarang memiliki kelebihan dalam hal pelayanan rumah sakit yang ramah Muslim hal ini terlihat dari adanya pelayanan yang mendukung selaga aktifitas umat Muslim baik dalam keadaan sakit.

Adapun keunggulannya yakni terdapat pengingat jadwal shalat untuk pasien yang dirawat, perawat yang ditugaskan disesuaikan dengan gender pasien, pada saat proses operasi tim medis melakukan proses operasi dengan hanya membuka bagian tubuh yang diperlukan untuk proses operasi.

Bagi pasien perempuan, pihak rumah sakit menyarankan untuk menggunakan hijab ketika ada keperluan untuk keluar ruangan, serta adanya sarana Tayamum Pad sebagai fasilitas untuk menjalankan ibadah shalat bagi pasien yang kondisinya tidak memungkinkan untuk shalat di lantai.

Tayamum Pad

Adalah seperangkat alat untuk melakukan tayamum. Berbentuk kotak dengan bantalan (pad) yang ditaburi bubuk pasir sebagai sarana untuk bertayamum.

Kandungan pasir yang digunakan berasal dari tanah bertekstur lembut yang diperoleh dari homeindustri binaan RSI Sultan Agung Semarang. Proses pengolaan pasir pada Tayamum Pad dengan cara mengambil tanah dengan kedalaman lubang 1 meter, kemudian tanah dikeringkan dengan cara dijemur. Tanah yang dipilih juga harus lembut agar ramah di kulit terutama ketika mengusap bagian wajah. (nat)

 


Back to Top