Ikuti Kajian Rutin Muslimah 'Sifat Shalat Nabi' di Masjid Al Muhajirin Medan

gomuslim.co.id- Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Jika kalian mendegar iqomah, maka berjalanlah menuju shalat. Namun tetaplah tenang dan khusyu’ menuju shalat, jangan tergesa-gesa. Apa saja yang kalian dapati dari imam, maka ikutilah. Sedangkan yang luput dari kalian, maka sempurnakanlah.” (HR. Bukhari no. 636 dan Muslim no. 602).

Dari penggalan hadits tersebut dijelaskan bahwa dilarang tergesa-gesa ketika hendak pergi ke masjid. Bahkan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam juga melarang melakukan tasybik yaitu menjalinkan jari jemari.

Dari Ka’ab bin ‘Ujroh, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

Jika salah seorang di antara kalian berwudhu, lalu memperbagus wudhunya, kemudian keluar menuju masjid dengan sengaja, maka janganlah ia menjalin jari-jemarinya karena ia sudah berada dalam shalat.” (HR. Tirmidzi no. 386, Ibnu Majah no. 967, Abu Daud no. 562. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Berikut adalah penggalan beberapa kutipan dari Sifat Shalat Nabi yang dianjurkan untuk ditiru umat Muslim. Mari perkaya pengetahuan dalam pelaksanaan shalat yang dilakukan Nabi mulai dari takbir hingga salam, dengan menyinggung beberapa perkara yang menjadi perbedaan pendapat di dalam mazhab fikih. Disebutkan juga bacaan, wirid dan zikir-zikir di dalam dan setelah shalat, mencakup shalat-shalat wajib maupun shalat-shalat sunnah. Dalam Kajian Rutin Muslimah “Sifat Shalat Nabi”

 

Hari: Setiap Senin

Waktu: 10.30 – 12.00 WIB

Tempat: Masjid Al Muhajirin Kompleks TPI Jl. Pasar 2 Ringroad – Medan, Sumatera Utara

Penceramah: Ummu Hany Hafidzahallah

Info dan Kontak

081362093245


Back to Top