#GimanaNihUstadz (1)

Jilboob? Bagaimana Sebenarnya Islam Mengatur Pakaian untuk Muslimah?

gomuslim.co.id - Sahabat Go Muslim, Tau ga Jilboob?, sekarang lagi ngetren nih wanita jilboob, di mana wanita menggunakan jilbab tapi pakaiannya ketat, sehingga dapat memperlihatkan lekukan tubuh wanita itu sendiri. Sahabat, itu sangat tidak di perbolehkan dalam islam.

Salah satu syarat dalam menutup aurat di dalam islam yaitu pertama Bajunya harus longgar, biar apa?, agar tidak terlekuk di bagian tubuh wanita. Seperti yang di katakan Nabi Muhammad SAW bahwa tidaklah seorang wanita itu akan mencium bau Surga jika berpakaian tapi telanjang, artinya, walaupun kulit tertutup, tetapi lekukan tubuhnya masih terlihat. Naudzubillah.

Syarat Kedua, setelah longgar, pakaian wanita tidak boleh tipis menerawang. Kemudian yang ketiga, pakaian tidak boleh berbahan dari Najis. Seperti yang di jelaskan dalam Alqur’an Surat An-Nur (24) ayat 31:

Dan Katakanlah kepada perempuan yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya dan memelihara kemaluannya, dan janganlah menampakkan perhiasan (auratnya), kecuali yang biasa terlihat (wajah dan telapak tangan). Dan hendaklah mereka menutup kain kerudung ke dadanya.

Kemudian, syariat selanjutnya untuk menghindari jilboob juga di surat Al Ahzab (33) ayat 59:

Wahai Nabi! Katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, Hendaklah mereka menutup jilbabnya keseluruh mereka, yang demikian itu agar mereka lebih mudah dikenali, sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun, Maha Penyayang.

Sahabat, apa sih pengertian Jilbab? Jilbab adalah pakaian yang menutupi seluruh tubuh kita, sedangkan kerudung dalam bahasa arab yaitu Khimar. Dalam ayat lain Allah mengatakan, Hendaklah wanita-wanita muslimah menjulurkan kerudungnya dengan longgar hingga menutupi dadanya dan bagian bokongnya.

Inilah yang sempurna cara menutup aurat yang di syariatkan dalam islam. Bagi sahabat gomuslim, yang masih dalam proses berhijrah, tidak apa perlahan terlebih dahulu dalam menutup aurat yang nanti kemudian akan melonggarkan pakaiannya dan melebarkan kerudung. Semua menjadi baik karena proses, semoga Allah SWT, memberikan istiqomah kepada sahabat Muslimah semua, Aamiin yaa Robbal’alamiin. (hmz/gomuslim)

**Disarikan dari program #GimanaNihUstadz hasil wawancara dengan Ustadzah Aini Aryani, Lc (Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia)

 

Tonton juga videonya di Youtube Channel gomuslim Official:

JILBOOB ??? Upsss | Gimana Nih Ustadz ?


Back to Top