#GimanaNihUstadz (3)

Bagaimana Seharusnya Muslimah Berdandan?

gomuslim.co.id – Sahabat gomuslim, sebagai seorang perempuan, sudah menjadi fitrahnya untuk bisa tampil cantik dan suka berdanda (makeup). Bagi perempuan, berdandan adalah hal rutin yang akan dilakukan, mulai dari beragam acara yang santai hingga formal.

Namun, tahukah sahabat gomuslim, bahwa Islam telah mengajarkan bagaimana cara berhias yang syar’i bagi seorang Muslimah?

Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia, Ustadzah Aini Aryani, Lc mengatakan Islam tidak sepenuhnya melarang seorang wanita untuk berhias, justru mengajarkan cara berhias yang baik tanpa harus berlebihan, merugikan, apalagi merendahkan martabat wanita itu sendiri.

 Sahabat gomuslim, seperti yang di jelaskan dalam surat QS. Al-A’raaf (7) ayat 31:

Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah setiap memasuki masjid. Makan dan Minumlah, tapi janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebihan.

Sahabat gomuslim, dari ayat di atas dijelaskan bahwa ALLAH SWT sangat tidak menyukai dengan apa yang berlebihan, termasuk dalam berdandan. Selain itu, menurut Ustadzah Aini, berdandanya seorang wanita (istri) seharusnya hanyalah untuk suaminya karena kecantikan seorang istri yang berhak menerima adalah Suami itu sendiri.

Hal tersebut juga di jelaskan dalam surat QS. Al-Azhab ayat 33:

Dan Hendaklah kamu tetap di rumahmu dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang jahiliah dahulu, dan laksanakannya sholat, tunaikahlah zakat, dan taatilah Allah dan Rasul-Nya. Sesungguhnya Allah bermaksud hendak menghilangkan dosa dari kamu, wahai Ahlulbait dan membersihkan kamu sebersih-bersihnya.

Selain itu, Sahabat gomuslim, menghias diri dengan cara mencukur alis juga sudah menjadi salah satu tren masa kini yang ditiru oleh umat muslim. Hal ini sepertinya menjadi sesuatu yang umum dalam kehidupan modern saat ini, padahal itu merupakan salah satu Dosa Besar.

Kemudian, hal lain yang dilaknat Alah yang ditiru umat muslim yaitu untuk mempercantik diri dengan melakukan operasi plastik, contohnya adalah yang sudah menjadi hal biasa yang dilakukan yaitu di bagian hidung agar terlihat lebih mancung.

Allah melaknat orang yang mentato dan yang minta di tato, mencukur habis alis mata serta merenggangkan gigi untuk kecantikan dengan mengubah ciptaan Allah, sesungguhnya semua itu sudah tertulis di Kitabullah. (HR. Bukhari No.5487).

Ayat lain juga dijelaskan dalam surat QS. An-Nisa (4) ayat 119 yang berbunyi:

Dan aku benar-benar akan menyesatkan mereka, dan akan membangkitkan angan-anagn kosong pada mereka dan menyuruh mereka  (memotong telinga-telinga binatang ternak, lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan aku suruh mereka (mengubah ciptaan ALLAH), lalu benar-benar mereka merubahnya, Barang siapa yang menjadikan setan sebagai pelindung selain ALLAH, maka sesungguhnya ia menderita kerugian yang nyata.

Sahabat gomuslim, demikian ulasan terkait cara berhias yang baik tanpa harus berlebihan, merugikan, apalagi merendahkan martabat wanita. Sungguh Allah ta’ala yang mensyariatkan hukum-hukum dalam islam, lebih mengetahui segala sesuatu yang mendatangkan kebaikan bagi para hamba-Nya. Maka, sudah sepantasnya bagi Umat Muslim untuk lebih taat dan tunduk kepada Syariat yang sudah Allah tentukan. Maha benar Allah dengan segala Firman-Nya. (hmz/gomuslim)

 

**Disarikan dari program #GimanaNihUstadz on Youtube Channel 'gomuslim Official' hasil wawancara dengan Ustadzah Aini Aryani, Lc (Pengasuh Rumah Fiqih Indonesia).

 

Tonton juga videonya di Youtube Channel gomuslim Official:

Begini Make Up yang benar Menurut Islam

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top