#GimanaNihUstadz (4)

Sahabat, Ini Lho Alasan Dilarang Nyanyi di Kamar Mandi!

gomuslim.co.id – Sahabat gomuslim, kebiasaan yang kebanyakan orang sering lakukan di kamar mandi adalah bernyanyi. Banyak yang mengaku, bernyanyi di kamar mandi dijadikan sebagai peralihan kesunyusian yang bermaksud untuk meramaikan suasana. Bahkan, ada di antaranya yang rela membawa serta ponsel mereka ke dalam kamar mandi untuk mendengarkan musik sembari bernyanyi dan mandi.

Sahabat gomuslim, tahukah kamu kebiasaan bernyanyi dikamar mandi atau saat mandi sangat dilarang dalam Islam? Dalam sebuah hadist dari Bukhori dikatakan bahwa Iblis meminta tempat tinggal kepada Allah SWT, selama berada di bumi.

“Ya Allah, Adam dan keturunannya Engkau beri tempat tinggal di bumi, maka berilah pula aku tempat tinggal,” kata Iblis.

Allah SWT berfirman: “Tempat tinggalmu adalah WC (Kamar Mandi),” (HR. Bukhari).

Dari situlah kemudian iblis pun menggoda setiap manusia yang memasuki rumahnya yang berupa kamar mandi.

Ustad Muhammad Abdul Wahab, Lc. mengatakan Iblis akan menggoda manusia untuk berlama-lama di kamar mandi, dengan segala kegiatan yang justru merugikan manusia. Menurutnya, Manusia kencing dengan berdiri karena iblis membisikan orang untuk kencing berdiri, padahal jelas Rasulullah melarang umanya, karena dengan kencing berdiri, air yang dikeluarkan dapat menempel di kulit yang mengakibatkan terkena hadast.

Selain itu, dengan berlama-lama di kamar mandi, membuat manusia sering melakukan wudhu tanpa busana, membiarkan baju tergantung didalam kamar mandi, melakukan hal asusila, mendengarkan musik dan masih banyak lagi hal negatif lainnya.

Dengan bernyanyi, biasanya suara akan lebih terdengar bagus yang dapat menambah kepercayaan diri setiap manusia. Tapi tahukah kamu, bila dari sisi kesehatan, menyanyi di kamar mandi dapat terserang banyak virus, hal tersebut kata Ustadz, dilihat dari  keadaan kamar mandi yang kotor dan penuh kuman, maka akan semakin cepat bila sering bernyanyi karena seringnya membuka mulut lebih lama.

Karena itu, pesan Ustadz Abdul Wahab, sebaiknya sebagai manusia mengikuti  semua perintah  Allah dan Rasul-Nya, dan menjauhi apa yang di larang-Nya. Janganlah teralihkan dengan gema suara di kamar Mandi yang membuat kesan suara lebih bagus. Jangan sampai Iblis menutup telinga kita saat kita berlama di kamar mandi, sehingga kita melalaikan kewajiban yang akan kita lakukan, apalagi sampai lupa waktu. (hmz/gomuslim/foto ilustasi:eagle981)

 

**Disarikan dari program #GimanaNihUstadz on Youtube Channel 'gomuslim Official' hasil wawancara dengan Ustad Abdul Wahab, Lc. (Dosen Rumah Fiqih Indonesia).

 

Tonton juga videonya di Youtube Channel gomuslim Official:

Buat Kamu yang Hobi Nyanyi di Kamar Mandi, Simak Kata Ustadz Nih !

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top