#GimanaNihUstadz (9)

Bolehkah Umat Muslim Merayakan Ulang Tahun?

gomuslim.co.id - Perayaan ulang tahun sudah menjadi tradisi di setiap kalangan. Bukan hanya anak kecil namun para remaja dan bahkan orang dewasa sekalipun merayakan hari kelahirannya itu. Namun, apakah Islam mengajarkan tradisi perayaan ulang tahun?

Sahabat gomuslim, perayaan ulang tahun dapat dianggap sebagai akibat semakin jauhnya umat Islam dari ajaran agama, maka banyak perkara yang sebagai masalah, justru dianggap sebagai suatu hal yang remeh dan ringan, seolah-olah perkara tersebut menjadi suatu hal yang lumrah, padahal dapat membahayakan bagi Agama-nya dan dapat menjebloskan dirinya ke dalam Neraka.

Dosen Rumah Fiqih Indonesia, Ustadz Muhammad Abdul Wahab, Lc. mengatakan perayaan ulang tahun atas kelahiran seseorang tidak pernah diperintahkan oleh Rasulullah SAW. Karena itu bila dilakukan, tidak bernilai ibadah.

Dalam perayaan ulang tahun, ada beberapa tradisi yang akan dilakukan, seperti meniup lilin, bernyanyi dan menyatakan sebuah harapan (make a wish). Hal demikian jelas tidak ada tuntunan dalam Islam baik dalam Hadist Rasulullah SAW maupun dalam Al Qur’an. Bahkan, dengan hanya mengucapkan 'Selamat Ulang Tahun'pun, Tidak di ajarkan dalam Islam.

"Usia manusia berkurang, kenapa malah di ucapin selamat yaa. Terkadang kebiasaan atau tradisi manusia ini, terkadang tidak masuk akal," ungkap Ustadz Abdul Wahab.

Tradisi ulang tahun sama sekali tidak memiliki akar sejarah dalam islam. Islam tak pernah mengajarkan untuk merayakan ulang tahun. Awal mula adanya ulang tahun, sebagai berikut:

Bangsa Mesir Memulai Tradisi Perayaan Ulang Tahun

Jauh ribuan tahun yang lalu, saat Firaun memakai mahkota untuk bangsa Mesir Kuno, masyarakat menganggapnya sebagai wujud Dewa. Sehingga hari tersebut dianggap lebih penting dibanding kelahiran masyarakat biasa ke dunia. Tanggal kelahiran Firaun sebagai 'Dewa' tersebut terus dirayakan berulang kali setiap tahun. Dengan demikian, jelas ulang tahun berasal dari Kisah Firaun yang Allah Binasahkan

Bangsa Yunani Menambahkan Lilin Saat Ulang Tahun

Sedangkan, bangsa Yunani yang memperkenalkan tradisi lilin ulang tahun. Warga Yunani akan mempersembahkan kue berbentuk bulan untuk Artemis dengan beberapa lilin di atas kue. Mereka memakai lilin sebagai refleksi cahaya bulan dan kecantikan. Perlu diketahui, Artemis adalah Dewi Hewan Liar, alam liar dan kelahiran.

Lagu "Happy Birthday to You" Awalnya Adalah Lagu Selamat Pagi

Pada tahun 1893, Patty Hill dan Mildred J menulis lagu yang berjudul "Good Morning To All" untuk dinyanyikan oleh siswa-siswa di seluruh dunia. Saat lagu ini sampai di Amerika, keluar berbagai versi lain. Pada tahun 1924, Robert Coleman mengeluarkan buku lagu yang mengganti lirik lagu itu dan diulang-ulang menjadi lagu yang kita tahu sekarang, yaitu "Happy Birthday to You".

Jadi, apakah merayakan hari ulang tahun bagi seseorang dianggap tasyabbuh (menyerupakan diri) dengan kaum barat?

Nabi shallallahu alaihi wasallam memberikan peringatan dari bahaya perilaku yang tidak ada tuntunannya dalam Islam dan dapat dinyatakan sebagai kesesatan. Beliau Shallallahu alaihi wasallam bersabda,

“Waspadalah kalian dari perkara (agama) yang diada-ada. Karena, semua yang diada-ada merupakan bid’ah dan sesungguhnya bid’ah itu adalah kesesatan. Sedang kesesatan itu adalah di neraka.

Selain itu, dalam HR. Ahmad dan Abu Daud dari Ibnu Umar dikatakan “Barang siapa yang menyerupai satu kaum, maka ia termasuk kedalam golongan mereka”.

Dalam Al Qur’an Surah Al-Baqarah (2) ayat 120, Allah SWT berfirman “Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka”.

QS. Al Isra ayat 36, Allah SWT Berfirman “Dan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati semuanya itu akan diminta pertanggungjawabannya”.

Ustadz Muhammad Abdul Wahab Lc berpesan kepada masyarakat untuk meninggalkan tradisi ulang tahun yang jelas Islam tidak melakukan. (hmz/gomuslim)

 

Wallahu alam bissawab


Tonton juga videonya di Youtube Channel gomuslim Official:

Ngerayain Ulang Tahun?!? Bagaimana Hukumnya dalam Islam?



Back to Top