#KulRam (17)

Kuliah Ramadhan: Kapan Seharusnya Kita Mulai Berniat dalam Ibadah Puasa?

Fiqih Niat Puasa #1

gomuslim.co.id - Niat adalah salah satu rukun dalam ibadah puasa. Sehingga niat adalah amalan krusial ketika berpuasa. Puasa tanpa niat tidak dianggap sah. Sedangkan definisi niat itu sendiri menurut para ulama adalah sebagai berikut:

Niat menurut Mazhab Hanafi adalah:

قَصْدُ الطَّاعَةِ وَالتَّقَرُّبِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى فِي إِيجَابِ الْفِعْل

Bermaksud untuk taat dan mendekatkan diri kepada Allah SWT dalam bentuk mengerjakan suatu perbuatan.

Sedangkan Mazhab Maliki mendefinisikan niat sebagai:

قَصْدُ الإنْسَانِ بِقَلْبِهِ مَا يُرِيدُهُ بِفِعْلِهِ

Seseorang bermaksud dengan hatinya atas apa yang diinginkan pada perbuatannya.

Adapun Mazhab Syafi’i menyebutkan bahwa niat itu adalah:

قَصْدُ الشَّيْءِ مُقْتَرِنًا بِفِعْلِهِ

Bermaksud untuk mendapatkan sesuatu yang disertai dengan perbuatan.

Dan terakhir, Mazhab Hanbali mendefinisikan niat sebagai:

عَزْمُ الْقَلْبِ عَلَى فِعْل الْعِبَادَةِ تَقَرُّبًا إِلَى اللَّهِ تَعَالَى

Tekat hati untuk mengerjakan suatu ibadah demi mendekatkan diri kepada Allah SWT

Niat menjadi penting sebab ibadah yang diterima adalah yang dikerjakan hanya untuk Allah SWT. Dan bukan untuk mengharap yang lain, seperti melakukannya demi makhluk, atau mencari harta dan pujian dari manusia, atau agar mendapatkan kecintaan dari mereka.

Puasa yang dilakukan oleh seseorang akan menjadi tidak sah apabila tidak dilandasi dengan niat. Bahkan setiap bentuk ibadah juga demikian keadaannya. Semua itu didasari oleh hadits nabawi berikut ini:

إِنَّمَا الأَعْماَلُ بِالنِّيَّاتِ وَإِنَّمَا لِكُلٍّ امْرِءٍ مَا نَوَى

Sesungguhnya amal ibadah itu harus dengan niat. Dan setiap orang mendapatkan balasan sesuai dengan niatnya. (HR. Bukhari)

Selain itu juga ada hadits yang menyebutkan betapa pentingnya kedudukan niat di dalam hati.

إِنَّ اللَّهَ لاَ يَنْظُرُ إِلَى صُوَرِكُمْ وَأَمْوَالِكُمْ وَلَكِنْ يَنْظُرُ إِلَى قُلُوبِكُمْ وَأَعْمَالِكُمْ

Sesungguhnya Allah tidak melilhat pada rupa dan harta kalian, tetapi Dia melihat pada hati dan perbuatan kalian. (HR. Muslim)

Terkait dengan waktu pelaksanaan niat dalam ibadah puasa, mayoritas ulama sepakat bahwa niat untuk puasa fardhu harus sudah dilakukan sejak sebelum memulai puasa. Artinya, puasa wajib tidak sah bila tidak berniat sebelum waktu fajar.

 

Dalam fiqih, hal seperti itu diistilahkan dengan tabyit an-niyah (تبييت النية ), yaitu memabitkan niat. Maksudnya, niat itu harus sudah terpasang sejak semalam, batas paling akhirnya ketika fajar shubuh hampir terbit.

 

Dasarnya adalah sabda Rasulullah SAW:

مَنْ لَمْ يُبَيِّتِ الصِّيَامَ قَبْلَ طُلُوعِ الفَجْرِ فَلاَ صِيَامَ لَهُ

Dari Hafshah ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda, ”Barang siapa yang tidak berniat sebelum fajar, maka tidak ada puasa untuknya.” (HR. Tirmidzy, An-Nasa’i, Ibnu Majah dan Ahmad).

 

Sedangkan, untuk puasa yang bukan fardhu atau puasa sunnah, para ulama sepakat tidak mensyaratkan niat sebelum terbit fajar. Jadi boleh berniat puasa meski telah siang hari asal belum makan, minum atau mengerjakan sesuatu yang membatalkan puasa.

Hal tersebut sesuai dengan apa yang dilakukan oleh Rasulullah SAW ketika masuk ke rumah istrinya dan berniat untuk makan, namun ternyata tidak ada sesuatu yang bisa dimakan. Maka kemudian Rasulullah SAW spontan berniat untuk melakukan puasa.

 

دَخَلَ عَلَيَّ النَّبِيُّ r ذَاتَ يَوْمٍ فقال: هَلْ عِنْدَكُمْ مِنْ غَدَاء ؟ فقُالْنَا: لاَ. قَالَ: فَإِنيِّ إِذاً صَائِم

Dari Aisyah radhiyallahuanha berkata bahwa Rasulullah SAW datang kepadaku pada suatu hari dan bertanya, “Apakah kamu punya makanan?”. Aku menjawab, ”Tidak”. Beliau lalu berkata, ”Kalau begitu aku berpuasa”. (HR. Muslim)

Para ulama menyimpulkan bahwa puasa ini adalah puasa sunnah dan bukan puasa wajib. Sebab kalau seandainya puasa ini puasa wajib, tentunya Rasulullah SAW tidak mungkin siang-siang datang ke rumah istri beliau sambil berniat untuk makan di siang hari.

 

Oleh:

Ustadz Muhammad Abdul Wahab, Lc.

Dosen Rumah Fiqih Indonesia

 

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top