Ini Aturan Berenang bagi Perempuan Menurut Islam

gomuslim.co.id – Bagi perempuan, berenang merupakan olahraga yang cukup digemari. Pasalnya, berenang mampu membakar kalori lebih banyak dibanding olahraga lainnya. Banyaknya orang yang menyukai olahraga sehingga banyak juga yang ingin menjadi atlet.

Saat berenang, mental, fisik, segala otot dan tulang rangka digerakkan untuk membuat satu gerakan yang terkoordinasi antara dua  kaki dan dua tangan, selain merangsang stamina (sistem kardiovaskular). Karena itu berenang dikatakan sebagai hobi yang paling sempurna dan menyehatkan.

 

 

Berenang juga memberi kesempatan kepada manusia untuk menguasai air dan menjadi lebih berani. Sebab ketika orang berenang, dibutuhkan juga keberanian untuk menghadapi segala kemungkinan yang terjadi di dalam air. Apalagi, Rasulullah turut merekomendasikan olahraga ini bagi para muslim. Sebagaimana hadits nya yang diriwayatkan oleh Imam An Nasa’I

‘Muhammad bin Wahb Al Harrani mengabarkan kepadaku, dari Muhammad bin Salamah, dari Abu Abdirrahim, ia berkata: Abdurrahim Az Zuhri menuturkan kepadaku, dari ‘Atha bin Abi Rabbah, ia berkata: aku melihat Jabir bin Abdillah Al Anshari dan Jabir bin Umairah Al Anshari sedang latihan melempar. Salah seorang dari mereka berkata kepada yang lainnya: aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “setiap hal yang tidak ada dzikir kepada Allah adalah lahwun (kesia-siaan) dan permainan belaka, kecuali empat: candaan suami kepada istrinya, seorang lelaki yang melatih kudanya, latihan memanah, dan mengajarkan renang”’

 

 

Namun, bagaimana jadinya jika seorang perempuan ingin menjadi atlet renang sedangkan jika berenang identik dengan pakaian ketat yang menonjolkan lekuk tubuh.  Karena memang kostum demikian dianggap lebih mudah aktivitas berenang.  Nah melihat permasalahan ini, bagaimana ya hukum berenang bagi wanita? Bahwasannya ciri ciri wanita baik menurut islam ialah yang selalu mengedepankan semua perintah Allah Swt dan mampu menjaganya dengan baik.

Sebagaimana sabda-Nya dalam QS. Al – Ahzab ayat : 59,

“Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan wanita-wanita (keluarga) orang-orang mukmin, agar mereka mengulurkan atas diri mereka (ke seluruh tubuh mereka) jilbab mereka. Hal itu menjadikan mereka lebih mudah dikenal (sebagai para wanita muslimah yang terhormat dan merdeka) sehingga mereka tidak diganggu. Dan Allah senantiasa Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.”

Ayat tersebut menegaskan kewajiban perempuan dalam menjaga auratnya.  Sehingga inilah yang perlu diperhatikan, yakni terjaganya aurat agar menghindarkan terlihatnya bentuk tubuh saat sedang berenang.

Namun kini, tak perlu kesulitan mencari pakaian yang pas dipakai saat olahraga dan berenang. Sudah banyak sekali yang memproduksi  baju renang yakni burqini atau burkini. Burkini ini merupakan singkatan dari burqa dan juga bikini. Baju renang muslimah ini terdiri atas tiga bagian yakni ciput, atasan yang berbentuk menyerupai tunik dan juga celana panjang dengan ukuran burkini ini lebih longgar dibandingkan standar baju renang biasanya yang amat ketat.

 

 

Burkini ini akan membuat lekukan tubuh tak akan terlihat. Model baju renang yang menutup aurat ini juga membuat tetap terlihat catchy dengan paduan warna serta desain urban. Kini burkini sudah mulai marak diproduksi dan dengan semakin berkembangnya fashion untuk para hijabers, warna dan juga model dari burkini ini juga semakin bervariasi.

Karena, meskipun para wanita berenang di tempat yang sepi, tetap saja tidak diperbolehkan menggunakan pakaian yang ketat, apalagi berpakaian minim. (nov/dbs)

 

 

Sumber :

Riyadhus Shalihin, Imam Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawy terjemahan Salim Bahreisy

Alquran Karim

Komentar

    Tulis Komentar

    Kode Acak

    *Ket : Masukkan kode di atas sesuai tulisan, perhatikan huruf dan angka


Back to Top