Makna dan Rahasia Surat An Nisa

gomuslim.co.id - An nisa merupakan salah satu surat dalam Al quran yang termasuk ke dalam surat Madaniyyah. Yang artinya surat ini diturunkan di Madinah setelah Nabi Muhammad SAW hijrah dari Mekkah ke Madinah. Surat An nisa sendiri berarti wanita.

Dalam surat ini banyak memuat hukum-hukum yang erat kaitannya dengan kaum hawa. Terdiri dari 176 ayat surat ini merupakan salah satu surat terpanjang dalam Al quran. Surat ini mencangkup dan banyak mengandung pembahasan seputar wanita, sebagaimana diketahui ada dua surah yang sering kali dianggap sebagai tema untuk pembahasan sebuah topik wanita yang paling banyak berbicara soal wanita, yaitu adalah surah yang pertama adalah Surah An-Nisa' dengan sebutan Surah An-Nisa' Al-Kubra yang artinya Surah An-Nisa' yang besar, sedangkan yang kedua adalah surah Ath-Thalaq dimana disebut dengan Surah An-Nisa' Ash-Sughra yang artinya adalah Surah An-Nisa' yang kecil.

Surat ini mengulas beragam perihal mutlak yang terkait dengan wanita, perilaku syirik, hukum-hukum syariat seperti hukum orang yang memakan harta anak yatim, keluarga, negara, serta penduduk. tetapi beberapa besar hukum yang ada didalam surah ini bicara perihal wanita.

 

Baca juga :

Ini Fadhilah dan Makna Tersembunyi Surat Yasin

 

Berikut manfaat dari rahasia surat An nisa:

Dari Ibnu Mas'ud ra, ia berkata: Sesungguhnya didalam surat An-Nisaa ada 5 ayat yang lebih aku sukai daripada dunia dan seisinya yaitu:

  1. Sesungguhnya Allah tidak menganiaya seseorang walaupun sebesar zarrah, dan jika ada kebajikan sebesar zarrah, niscaya Allah akan melipat gandakannya dan memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar.
  2. Jika kamu menjauhi dosa-dosa besar di antara dosa-dosa yang dilarang kamu mengerjakannya, niscaya Kami hapus kesalahan-kesalahanmu (dosa-dosamu yang kecil) dan Kami masukkan kamu ke tempat yang mulia (surga).
  3. Sesungguhnya Allah tidak akan mengampuni dosa syirik, dan Dia mengampuni segala dosa yang selain dari (syirik) itu, bagi siapa yang dikehendaki-Nya. Barangsiapa yang mempersekutukan Allah, maka sungguh ia telah berbuat dosa yang besar.
  4. Dan kami tidak mengutus seseorang rasul, melainkan untuk dita`ati dengan seizin Allah. Sesungguhnya jikalau mereka ketika menganiaya dirinya datang kepadamu, lalu memohon ampun kepada Allah, dan Rasulpun memohonkan ampun untuk mereka, tentulah mereka mendapati Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.
  5. Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al Mustadrak ‘Alash Shahihain)

Sesungguhnya seluruh surat dalam Al quran memiliki manfaatnya masing-masing. Terlepas dari itu membaca Al quran merupakan salah satu amalan sunah yang dikerjakan oleh umat muslim. Banyak hadits juga yang menyebutkan keutamaan membaca Al quran. Membaca sekali saja banyak sekali manfaatnya apalagi jika terus menerus dikerjakan Allah SWT pasti akan memberikan balasan yang setimpal dengan apa yang sudah kita kerjakan.

Ada hadits lain juga yang menyebutkan keutamaan membaca Al quran. Dari Ibnu Mas’ud ra. ia berkata: Barangsiapa membaca satu huruf dari Al Qur’an maka baginya satu kebaikan, dan satu kebaikan sama dengan sepuluh pahala, aku tidak bermaksud ‘Alif, Laam, Miim’ satu huruf, melainkan Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf. (HR. Ad Darami dan Tirmizi, beliau berkata hadits ini hasan sahih).

 

Wallahu A'lam Bishowab

 


Back to Top