#FiqihShopping

Waspada Terjerat Riba! Ini Tips Bijak Pilih Barang Kredit

gomuslim.co.id - Saat ini berbelanja menjadi kegiatan yang menyenangkan, karena berbagai fitur berbelanja sudah tersedia. Kamu termasuk suka belanja lewat apa nih ? online, datang langsung ke toko, atau yang penting ada sistem kreditnya. Nah berbicara mengenai kredit bagi yang belum tau, kredit itu apa sih?

Kredit merupakan salah satu fasilitas keuangan yang memungkinkan seseorang untuk membeli barang tertentu dan membayarnya melalui rentang waktu yang sudah ditentukan atau bisa disebut juga menyicil.

Sistem ini memang sangat mempermudah seseorang untuk memperoleh barang yang sangat diinginkan, disinilah pesonanya. Bagi yang sering wara-wiri di startup e commerce atau aplikasi belanja online di Indonesia  pasti kamu sudah tau sistem kredit ini dan sudah tersedia disana. Jangan kira barang kreditan hanya urusan masyarakat kelas bawah yang kerap mengeluh tagihan kredit panci, kuali, baju dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Karena toh kredit ini juga menjadi urusan dari berbagai kalangan, dari kalangan bawah hingga kalangan atas.

Kredit bisa menjerat penggunanya jika dipakai lepas kendali. Mencicil memang tampaknya sangat ringan, akibatnya apapun dikredit tanpa membuat perhitungan sesuai kebutuhan dan kemampuan. Berbelanja tidak sesuai kebutuhan juga dapat mengakibatkan mubazir dan dapat menjadi bumerang yang mempersulit diri sendiri. 

 

Baca juga :

Agar Jadi Berkah, Begini Aturan Berbelanja

 

Kondisi akan lebih parah jika barang kreditan itu digerakkan rentenir yang menjerat dengan bunga mencekik. Tentu Allah sangat mengharamkan riba, dalam Al Quran Surat Al-Imran ayat 130 dijelaskan yang artinya “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. Peliharalah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir.”

Berikut hal-hal yang perlu dipikirkan sebelum memilih barang kreditan, di antaranya:

 

1. Selagi bisa, usahakanlah untuk membeli secara tunai. Cara ini lebih baim karena barang kreditan akan membuat konsumen terbebani biaya tambahannya.

 

2. Jika terpaksa kredit, pastikan barang itu sangat dibuthkan dan memiliki nilai tambahan.

 

3. Dibuthkan kejalian dalam mencari kredit yan glunak. Rajinlah bertanya, utamanya memanfaatkan internet yang menyediakan banyak informasi.

 

4. Ukurlah kekuatan diri, apa kuat menyetor sekian rupiah secara rutin? Apa kuat dengan risiko didatangi debt collector yang galak.

 

Menghentikan belanja kreditan juga bukan pilihan terbaik. Karena ada hal-hal bermanfaat dari sistem kreditan selama kita jeli menakar untung dan ruginya. Belilah sesuai kebutuhan, jangan hanya nafsu semata. (waf)


Wallahu A’lam Bishowwab

 


Sumber : Jiha, Abi . 2015. Fiqih Shoping Kiat Belanja Hemat, Cerdas dalam Islam (Pesona Barang Kreditan). Jakarta : Zikrul.

Sumber foto: muensterschezeitung.de

 

 

Baca juga :

Muslimah, Perhatikan Aturan Belanja Barang Diskon

 


Back to Top