#FiqihShopping

Muslimah, Simak Tips Hindari Penipuan Saat Belanja Online

gomuslim.co.id -Berbelanja sejatinya memang disukai oleh sebagian besar dari kita. Terlebih lagi saat ini kemajuan teknologi terus berkembang beriringan dengan beragam aneka piliham berbelanja tersedia. Jika kamu salah satu orang yang suka berbelanja onlineini sangat perlu digaris bawahi. Apalagi adanya internet semakin memanjakan konsumen dengan menyediakan banyak sekali informasi diskon dan perbandingan harga dari berbagai toko.

Cara menjelajahi kebutuhan barang dalam belanja online memang sangatlah mudah. Konsumen cerdas tinggal mengetik barang yang akan dicari pada penyedia jasa belanja online atau beragam e commerce. Beginilah enaknya hidup di zaman serba canggih, dengan sentuhan jari kita sudah bisa mendapatkan keperluan atau barang yang kita inginkan. Namun hati-hati pula, kecanggihan teknologi juga bisa menjebol dompet. Semua barang tersedia semuanya bagus, tapi tidak semuanya perlu dibeli.

Tidak hanya menjebol dompet, belanja online juga rawan tindak kejahatan seperti penipuan. Di Indonesia marak sekali kasus penipuan berkedok belanja online. Konsumen dituntut harus berhati-hati saat melakukan belanja online.



Baca juga :

Jangan Asal Beli, Ini Tips Bijak pada Iklan Produk


Berikut 5 tips mengindari penipuan saat belanja di toko online :

1. Jangan pernah berbelanja pada toko online yang menggunakan website atau blog gratisan. Ciri website atau blog gratisan dengan domain blogspot, wordpress, co.cc tk dan lainnya. Meskipun tidak semua toko online yang menggunakan layanan gratis ini adalah penipu.

2.Jangan pernah berbelanja langsung lewat facebook. Meskipun beriklan lewat facebook akan tetapi sebuah toko online yang benar akan selalu mengarahkan calon konsumen ke website resmi mereka

3. Pelajari status toko online yakni bisa dicek langsung ke lokasi atau bertanya pada keluarga atau teman yang kebetulan sama kota dengan di pedagang, atau setidaknya pada orang yang kita kenal yang pernah berbelanja di toko online tersebut

4. Jangan pernah berbelanja dengan toko online yang menutup diri mereka dengan dalih ini dan itu. Kamu sebagai korban akan sangat susah menuntut si penipu

5. Selalu browsing di google tentang status toko tersebut. Cari semua informasi mulai dari nama, nomor ponsel, rekening dan lainnya. Sebab internet biasanya telah ada data record penipuan.

 

Sering terjadi bahwa konsumen yang tertipu memilih diam karena malas memperpanjang masalah atau malah malu. Kita dapat memberikan hukuman sosial kepada situs belanja tersebut dengan berbagi fakta penipuan kepada khalayak luas. Jangan lupa untuk mengapresiasi situs belanja yang secara jujur dan profesional dengan mempromosikannya kepada publik. Dengan cara ini juga nantinya situs belanja tersebut akan meningkatkan mutu pelayanan dan situs belanja online yang nakal akan tutup dengan sendirinya.

 

Sumber: Jiha, Abi . 2015. Fiqih Shoping Kiat Belanja Hemat, Cerdas dan Islami (Belanja Online). Jakarta : Zikrul.

Sumber gambar: mimoza.tv

 

 

Baca juga :

Waspada Terjerat Riba! Ini Tips Bijak Pilih Barang Kredit


Back to Top