Ini Empat Keutamaan Menjawab Azan

gomuslim.co.id – Sahabat gomuslim, tahukah kamu dalam setiap panggilan sholat (azan) memiliki makna tersendiri? Karena itu, menjawab adzan menjadi sesuatu yang sangat dianjurkan dan memiliki hikmah di dalamnya. Apa saja keutamaan menjawab azan dan apa doa setelah selesai adzan? Berikut ulasannya:

 

1. Menjadi saksi kebaikan

Sahabat, menjawab adzan yang merupakan panggilan shalat menjadi sebuah amal baik dan akan menjadi saksi kebaikan kita di hari kiamat. Sebagaimana tercantum dalam Hadist Nabi:

Tidaklah suara azan yang keras dari yang mengumandangkan azan didengar oleh jin, manusia, segala sesuatu yang mendengarnya melainkan itu semua akan menjadi saksi pada hari kiamat (H.R Bukhari 609)

 

2. Menjawab azan karena keyakinan hati akan mengantarkan menuju surga

Dengan keyakinan hati, menjawab azan akan mengantarkan kita ke surga.

Ketika muadzin mengumandangkan allahuakbar allahuakbar lalu kalian menjawab allahu akbar allahuakbar. Kemudian muadzin mengumandangkan asyhadu anlaa ilaaha illallah, lalu kalian menjawab asyhadu anlaa ilaaha illallah dan seterusnya hingga akhir adzan. Siapa yang mengucapkan itu dari dalam hatinya maka akan masuk surga (H.R Muslim 385)

 

3. Diampuni dosa

Barangsiapa yang ketika mendengar adzan dia mengucapkan: aku bersaksi bahwasanya tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah. Siapa yang mengucapkan itu maka dosa-dosanya akan diampuni (H.R Ahmad 1565, Muslim 386 dan lainnya).

 

4. Siapa yang menjawab azan lalu membaca shalawat maka Allah akan beri shalawat baginya 10 kali

Apabila kalian mendengar muadzin, jawablah adzannya. Kemudian bacalah shalawat untukku. Karena orang yang membaca shalawat untukku sekali maka Allah akan memberikan shalawat untuknya 10 kali. (H.R Muslim 384)


Cara Menjawab Azan

Sedangkan, bagaimana cara menjawab azan yang benar?

Cara menjawab adzan adalah dengan jawaban yang sama seperti apa yang tersebut dalam kalimat bacaan adzan kecuali pada bacaan adzan yang bunyinya “Hayya ‘alash shalaah” dan “Hayya ‘alal falah”, maka cara menjawabnya adalah dengan bacaan:

 “Laa haula walaa quwwata illa billahi.”

Artinya : Tidak ada daya upaya dan kekuatan, kecuali dengan pertolongan Allah”

Namun, ketika kita mendengat suara adzan subuh, maka cara menjawab adzan subuh pada saat muadzin mengucapkan bacaan kalimat:

 “As shalaatu khairum minan naumi.” [dua kali]

Maka, kita yang mendengarnya, menjawab dengan bacaan:

 “Shadaqta wabararta wa anaa ‘alaa dzaalika minasy syaahidiina.”

Artinya : benar dan baguslah ucapanmu itu dan akupun atas yang demikian termasuk orang-orang yang menyaksikan.

 

Doa Setelah Azan

Allahumma robba haadzihid da’watittammah wassholatil qooimahj, aati sayyidanaa muhammadi wasiilata wal fadhillah wassyarofa wal darajatal ‘aaliyatar rofii’ah, wab’atshu maqoomam mahmuudanilladzi wa’addah, innakalaa tukhliful mii’aad. Yaa arhamarraahimiin.

 

Artinya: Ya Allah, Tuhan yang memiliki panggilan yang amat sempurna, dan sholat yang senantiasa didirikan, berilah karunia kepada Nabi Muhammad berupa tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, serta derajat yang tinggi, tempatkanlah ia pada kedudukan yang paling terpuji sebagaimana yang telah Engkau janjikan. Wahai dzat yang Maha Penyayang.

Wallahu A’lam Bishowab



Baca juga:

Ikhtiar Lancar Rezeki dan Doa Khusnul Khotimah, Ini Keutamaan Sholawat Nariyah


Back to Top